Pada akhir Mei lalu, Riot Games memperlihatkan perkembangan League of Legends: Wild Rift sampai saat ini. Banyak hal yang mereka perlihatkan untuk kita pelajari nantinya. Sebagai calon pemain, tentu saja kita dapat mempelajari beberapa hal dari game ini.
Tidak sedikit pemain Mobile Legends yang ingin bermain game besutan Riot Games yang satu ini. Namun, tentunya mereka harus beradaptasi terlebih dahulu untuk dapat bermain. Adaptasi ini juga harus melihat perbedaan mendasar dari kedua game ini. Berikut adalah perbedaan mendasar dari Wild Rift dan Mobile Legends.
Spell
Setiap MOBA Mobile memiliki spell masing-masing yang memberikan mereka keuntungan untuk dapat bermain, termasuk Mobile Legends dan Wild Rift. Berbeda dengan Mobile Legends yang membawa satu spell, pada Wild Rift kita akan membawa dua spell yang otomatis membuat kita memiliki opsi lebih dalam bermain. Tidak perlu heran, konsep spell ini pada awalnya berasal dari League of Legends versi PC dan pada versi PC-nya, kita juga dituntut membawa dua spell
Item
Berikutnya adalah fitur semua MOBA yang umum digunakan untuk memperkuat kekuatan karakter yang kita mainkan, yaitu Item. Berbeda dengan Mobile Legends, item Wild Rift tidak bisa kita beli di mana saja. Untuk membeli sebuah item, kita harus kembali ke base. Namun, kalian tidak perlu khawatir. Akan ada pemberitahuan bahwa item dapat dibeli ketika gold kita mencukupi. Tentunya, hal ini membuat pemain Mobile Legends harus bermain dengan strategi yang berbeda dari sebelumnya.
Rune
Mirip seperti emblem, fitur ini juga akan menambah kemampuan setiap karakter yang dimainkan secara minor. Namun, sedikit berbeda dari Mobile Legends, Rune memberikan opsi untuk memilih apa yang kita butuhkan, bukan mengupgrade. Tentunya, hal ini akan membuat permainan semakin balance mengingat Rune tidak membutuhkan upgrade dan kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk memaksimalkan penggunaan Rune.
Laning
Berbeda dengan Mobile Legends yang berpusat role seperti Marksman, Mage, dan lain sebagainya, Wild Rift mempunyai role yang berbeda dan cukup terstruktur. Role ini dapat membuat kita bermain selayaknya dengan adil dan tanpa mengganggu pemain lain.Tidak hanya itu, Wild Rift memiliki bagian lane yang harus dituruti agar dapat bermain secara maksimal. Adapun lane yang adalah sebagai berikut.
- Baron Lane – Lane tempat Baron Nashor spawn. Biasanya lane ini akan diisi oleh pemain-pemain fighter atau Tank yang dapat bertahan dan menyerang dengan kuat. Baron Lane hanya boleh diisi oleh satu pemain.
- Jungle – Jungle adalah hutan yang mana akan diisi oleh satu pemain saja. Fungsi jungle juga merupakan fungsi yang sangat krusial. Berbeda dengan Mobile Legends, pada Wild Rift, jungle hanya diberikan pada pemain yang bermain sebagai jungle di early game. Hal ini bertujuan untuk membantu pemain jungle melakukan farm dan gank ke lane untuk membantu para laner memenangkan pertarungan di lane. Champion yang dimainkan di jungle sebisa mungkin harus mempunyai skill escape atau Crowd Control yang baik untuk memaksimalkan potensi gank.
- Midlane – Istilah ini tidak asing bagi pemain MOBA pada umumnya. Namun, pada Wild Rift, Midlane hanya diisi oleh satu pemain saja. Pemain yang bermain sebagai midlane harus menuju ke jalur tengah untuk menahan musuh di lane yang sama. Biasanya, champion yang digunakan di mid lane adalah mage atau champion assassin. Namun, dalam beberapa kasus, champion midlane yang dapat bermain sebagai midlane cenderung berbeda bergantung pada patch yang ada.
- Dragon Lane – Dragon Lane adalah lane tempat Dragon spawn. Lane ini biasanya diisi oleh pemain carry dan support. Biasanya carry diisi oleh Marksman. Namun, dalam beberapa kasus, carry bisa diisi oleh mage, assassin, atau bahkan tank. Tentunya, Dragon Lane akan efektif jika kita bermain sebagai marksman karena bisa memberikan damage tinggi dari jarak jauh ditambah dengan bantuan support yang membantu kita bertahan. Sedangkan support, adalah lane yang memberikan vision ‘lebih’ kepada pemain lain serta membantu carry agar dapat memaksimalkan damage mereka. Support biasanya diisi oleh champion dengan role support.
Turret Plate
Turret Plate adalah fitur kecil yang juga menjadi pembeda Wild Rift dengan Mobile Legends. Fungsi ini memperkuat pertahanan turret di awal game untuk setiap plate yang ada. Pada Wild Rift, akan ada tiga plate yang melindungi turret dan membuat permainan tidak terlalu cepat. Meskipun kelihatannya kecil, pemain Mobile Legends tetap harus beradaptasi pada fitur ini.
Warding
Ini adalah fitur yang membantu melihat musuh yang berada dalam kegelapan dan semak. Warding akan berbentuk icon dan bisa diletakkan di mana saja. Tentunya, pemain Mobile Legends akan sangat asing dengan fitur ini. Namun jangan khawatir, fitur ini memiliki kelebihan yakni dapat mendeteksi musuh dari jarak tertentu tergantung dimana kita meletakkan ward. Hal ini berarti, kita dapat lebih waspada terhadap musuh.
Last Hit
Fitur selanjutnya yang harusnya juga ada di Mobile Legends adalah fitur last hit. Fitur ini memungkinkan kita mendapatkan gold setiap membunuh creep. Namun, berbeda dengan Mobile Legends yang dimana tetap memberikan sedikit gold meskipun tidak membunuh creep, Wild Rift tidak akan memberikan gold jika tidak membunuh creep, namun jangan khawatir, Wild Rift memberikan kemudahan dengan menambahkan indikator putih pada minion yang mana jika kita melakukan hit terhadap minion yang mempunyai indikator tersebut, maka minion tersebut akan mati dan kita akan mendapatkan gold.
Hutan
Selanjutnya adalah Hutan. Wild Rift memiliki hal yang sangat berbeda dengan Mobile Legends dari segi hutan. Pada Mobile Legends, monster hutan boleh diambil oleh laner di awal game untuk membantu mereka lebih kuat. Namun, hal ini sangat berbeda dengan konsep Wild Rift. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, pada awal game, jungle lebih berhak terhadap monster dan akan membantu tim agar mendapatkan kemenangan.
Tidak hanya itu, monster buff di Wild Rift juga memiliki fungsi yang berbeda, berikut adalah monster buff pada Wild Rift.
- Red Brambleback – Monster ini akan memberikan extra damage jika kita membunuhnya. Namun seperti Mobile Legends, buff yang monster ini miliki hanya sementara. Red Brambleback hanya ada dua dan berada di bawah hutan kita serta di atas hutan musuh.
- Blue Sentinel – Monster ini akan memberikan mana regen yang cukup tinggi jika kita membunuhnya. Buff monster ini. Kebalikan dari Red Brambleback, Blue Sentinel hanya ada dua dan berada di atas hutan kita dan di bawah hutan musuh.
- Dragon – Jika pit atau tempat spawn monster besar di Mobile Legends hanya dipakai satu, Wild Rift memiliki hal yang berbeda. Wild Rift menggunakan salah satu tempat spawn-nya untuk Dragon. Dragon adalah monster naga yang memberikan buff permanen kepada tim yang membunuh monster ini. Efek buff berbeda-beda tergantung elemen Dragon yang respawn. Ada empat elemen yang ada pada Dragon Wild Rift, yaitu Angin, Air, Api, dan Tanah.
- Baron Nashor – Monster ini adalah monster terkuat yang ada di League of Legends dan tentunya Wild Rift. Monster ini tidak akan bisa kita kalahkan di awal game meskipun kita berada dalam formasi lengkap. Membunuh Baron Nashor akan memberikan buff yang memperkuat champion dan minion yang berada di sekitarnya kepada seluruh tim. Hal ini yang membuat Baron Nashor merupakan hal yang membuatnya sangat kuat.
- Rift Herald – Sebelum Baron Nashor, tempat spawn monster terkuat ini akan dihuni oleh monster lain yang bernama Rift Herald. Fungsi Rift Herald hampir mirip seperti Lord namun dengan defense yang lebih rendah. Rift Herald dapat kita respawn dengan mengaktifkannya di lane terdekat. Setelah itu, monster ini akan mendobrak turret pertama yang ia temui dan menyerangnya setelah itu. Rift Herald memiliki kelemahan yaitu jika kita menyerang di bagian belakang saat tanda ungu miliknya muncul. Tidak hanya itu, setiap mendobrak turret, RIft Herald akan kehilangan health point dengan jumlah yang cukup signifikan.
- Rift Scuttler – Monster yang satu ini tidak akan menyerang namun akan sering menghindar ketika kita serang. Rift Scuttler akan berada di tengah-tengah sungai dan berkeliling. Membunuhnya dapat membuat kita mendapatkan penglihatan di tengah-tengah sungai untuk mendeteksi musuh.
Tanaman
Fitur berikutnya dan sekaligus fitur yang tidak ada di MOBA manapun selain League of Legends adalah fitur tanaman. Fitur ini memberikan keuntungan atau kerugian tergantung efektivitas penggunaan kita. Ada tiga tanaman yang harus kamu ketahui dan akan selalu respawn di tempat yang sama. Kamu hanya perlu menyerang tanaman-tanaman ini untuk mendapatkan efeknya. Berikut adalah jenis tanaman yang ada pada Wild Rift.
- Scryer’s Bloom – Tanaman ini akan memberikan vision atau penglihatan pada jarak tertentu dalam bentuk kerucut selama beberapa detik. Tentunya, tanaman ini penting untuk mengecek keberadaan musuh dan unit yang ada di depan. Tidak hanya itu, tanaman ini bahkan dapat mendeteksi ward dan musuh yang sedang dalam mode stealth. Berhati-hatilah mengaktifkan tanaman ini, karena musuh akan mengetahui posisi kamu (walaupun musuh tidak tahu apakah itu kamu atau rekan setimmu) di dalam tim ketika mengaktifkannya hanya dengan melihat ujung kerucut. Tanaman ini ditandai dengan warna biru yang ia miliki.
- Honeyfruit – Tanaman ini akan memberikan heal setelah kita menginjak buah yang pecah pada tanaman ini. Untuk mengeluarkan buah ini, kalian hanya cukup menyerangnya. Tentu saja, hal ini akan menguntungkan kamu dalam pertarungan. Namun, kamu harus khawatir terhadap debuff yang dimiliki oleh tanaman ini. Pasalnya, tanaman ini akan memberikan slow selama beberapa detik kepada champion yang menginjaknya. Tanaman ini ditandai dengan warna hijau yang ia miliki. Sedikit tambahan, monster Rift Scuttler juga dapat mengejar buah honeyfruit yang berada disekitarnya dan berhenti untuk memakan buah tersebut.
- Blast Cone – Tanaman selanjutnya yaitu Blast Cone yang berfungsi melemparkan champion yang berada disekitarnya. Mengaktifkan tanaman yang satu ini cukup membantu kita melarikan diri atau mengejar musuh. Namun, kamu harus menggunakan tanaman ini dengan tepat. Pasalnya, bisa saja temanmu yang juga berada disekitar Blast Cone malah terlempar ke arah musuh.