Jika kalian pernah memainkan MOBA Mobile, kalian tentu saja pernah melihat mekanisme tambahan stats yang ada selain dengan menggunakan item dan buff. Jika pada Mobile Legends disebut Emblem dan pada Arena of Valor disebut Arcana, pada League of Legends PC dan Wild Rift mekanisme ini disebut dengan Rune.
Berbeda dengan versi PC, sistem Rune di Wild Rift dibuat lebih sederhana dan lebih mudah digunakan. Tentunya, kalian harus mengetahui bagaimana mekanismenya terlebih dahulu setelah itu baru masuk ke apa saja jenisnya.
Mekanisme
Wild Rift memiliki Rune utama yang fungsinya paling kuat dibandingkan yang lain. Jika pada Mobile Legends Tier tiga adalah tier terkuat dalam sebuah emblem, dalam Wild Rift tier terkuat ini disebut sebagai keystone yang dapat dipilih tergantung cara bermain.
Setelah mengambil sebuah keystone, pemain nantinya akan diberikan banyak pilihan di tier bawah yang juga disebut dengan secondary rune. Secondary rune dapat dipilih sejumlah tiga rune yang didapatkan dari masing-masing satu dari setiap rune path.
Sebagai penjelasan, keystone adalah rune terkuat yang menjadi penentu utama dalam pembuatan sebuah rune. Kesalahan pada keystone akan berakibat fatal pada permainan. Sementara itu, rune path adalah sebuah bagian yang mewakilkan kelas dari rune. Terbagi menjadi tiga yaitu Dominition yang berfokus dalam serangan, kemudian Resolve yang berfokus kepada bertahan hidup, dan Inspiration yang fokusnya tidak berhubungan dengan Domination dan Resolve. Apa sajakah rune yang ada di Wild Rift? Beriktu adalah jenis rune yang ada di Wild Rift.
Jenis Rune Wild Rift
Keystone
Keystone pada Wild Rift memiliki delapan rune yang siap menjadi rune utama kalian. Perhatikan fungsi dari kedelapan rune agar tidak salah dalam meracik sebuah rune. Berikut adalah fungsi dan penjelasan dari masing-masing rune pada keystone rune.
- Electrocute – Basic attack dan ability akan menambahkan sebuah stack kepada champion musuh yang terkena hit, stack ini hanya dapat bertambah 1 stack per serangan atau ability. Memberikan 3 stacks kepada musuh dalam kurun waktu tiga detik membuat mereka ‘tersentrum’ dan terkena 10-184 (berdasarkan level) (+40 persen bonus attack damage(AD))(+25 persen ability power(AP)) adaptive damage. adaptive damage adalah damage yang dihasilkan berdasarkan stats terkuat yang ada pada champion. Jika champion memiliki stats attack damage lebih kuat maka akan memberikan attack damage. Jika champion memiliki stats ability power lebih kuat maka akan memberikan ability power.
- Aery – Basic attack dan ability yang diberikan kepada musuh membuat sebuah Aery terbang ke arah mereka dan memberikan 10 -60 (berdasarkan level)(+20 persen bonus AD)(+10 persen AP) adaptive damage. Namun ketika memberikan heal,shield, atau buff ke champion teman akan membuat Aery akan terbang ke arah mereka dan memberikan shield tambahan sejumlah 20 – 120 (berdasarkan level)(+40 persen bonus AD) (+20 persen AP) selama dua detik.
- Conqueror – Basic attack dan ability akan menambahkan stack dari Conqueror setiap melakukan hit terhadap champion musuh hingga 1 per attack atau cast ability. Setiap stack dari conqueror yang ada pada setiap delapan detik akan memberikan damage tambahan sebesar 2 – 6 (berdasarkan level) bonus AD atau 4 – 12 (berdasarkan level) AP (adaptive). Menumpuk stack maksimal yaitu sebesar 5 stack akan memberikan 10 – 30 (berdasarkan level) bonus AD atau 20 – 60 (berdasarkan level) AP (qdaptive)
- Fleet Footwork – Bergerak dan memberikan basic attack akan membuat stack Energize hingga 100 stacks. Ketika stacks telah penuh, basic attack selanjutnya akan memberikan heal sebesar 15 – 85 (berdasarkan level) (+30 persen bonus AD) (+30 persen AP) dan memberikan 20 persen bonus movement speed selama 1 detik.
- Grasp of the Undying – Memasuki pertarungan akan menambahkan satu stack setiap detik selama 3 detik berikutnya. Beberapa stack mungkin akan beregenerasi kembali setelah memasuki kembali pertarungan setelah 2 detik. Setelah mencapai 4 stack, basic attack selanjutnya yang dilakukan dalam selang waktu enam detik kepada champion musuh akan mengkonsumsi semua stack dan memberikan 4 persen bonus HP sebagai magic damage kepada musuh dan mengembalikan 2 persen HP maksimal. Kekuatan ini akan refresh setiap memasukin pertarungan. Pada champion range, efek ini akan di-reduce hingga 6 persen.
- Aftershock – Memberikan efek immobilize (tidak dapat bergerak) kepada champion musuh akan mendapatkan 50(+50 persen bonus armor) bonus armor dan 50 (+50 persen magic resistance(MR)) bonus MR selama 2,5 detik. Selama durasi berlangsung, kamu akan mengeluarkan sebuah dentuman yang memberikan 12 – 110 (berdasarkan level) (+4 persen dari HP maksimal) magic damage kepada musuh di sekitar.
- Font of Life – Memberikan slow atau immobilize champion musuh akan menandai mereka selama 4 detik. Champion rekan yang memberikan basic attack kepada musuh yang di tandai akan memberikan heal 3 persen dari HP maksimal kamu selama 2 detik.
- Kleptomancy – Setelah menggunakan ability, ability atau basic attack berikutnya yang mengenai champion musuh akan membuat kamu mendapatkan item effect yang acak.
Domination
- Brutal – Memberikan 7 bonus AD dan 2 persen bonus armor penetration, atau 14 AP dan 2 persen bonus magic penetration (adaptive)
- Gathering Storm – Setiap 2 menit, mendapatkan 2 bonus AD atau 4 AP (adaptive)
- Hunter – Vampirism – Mendapatkan 2 persen Physical Vamp atau 2 persen Magical Vamp (adaptive). Champion unik yang dikalahkan akan memberikan bonus 2 AD dengan 1 persen Physical Vamp atau 4 AP dengan 1 persen Magical Vamp (adaptive).
- Triumph – Mengalahkan champion akan mengembalikan 10 persen HP yang hilang. Menambahkan 3 persen damage kepada musuh yang memiliki HP di bawah 35 persen.
- Weakness – Memberikan efek slow atau immobilize kepada champion musuh akan menandai mereka selama 5 detik, ketika mereka terkena tanda, mereka akan menerima 5 persen damage tambahan.
- Champion – Mendapatkan 10 persen damage tambahan ketika melawan champion musuh. Namun akan kehilangan bonus hingga 5 persen bonus ketika kamu mati sampai bonus tersebut menghilang.
Resolve
- Backbone – Mendapatkan 10 bonus armor dan 10 bonus MR berdasarkan stats yang kamu punya.
- Conditioning – Mendapatkan 8 bonus armor dan 8 bonus MR setelah 5 menti game berjalan.
- Hunter – Titan – Mendapatkan 20 HP maksimal. Mengalahkan champion unik akan memberikan 20 HP Maksimal tambahan dan 4 persen tenacity.
- Regeneration – Meregenerasi 2 persen HP yang hilang atau mana yang hilang setiap tiga detik, tergantung persentase terendah.
- Loyalty – Mendapatkan 2 bonus armor dan 5 bonus MR. Champion teman disekitar akan mendapatkan 5 bonus armor dan 2 bonus MR yang bisa di stack.
- Spirit Walker – Mendapatkan 50 HP maksimal dan 20 persen slow resistance.
Inspiration
- Pathfinder – Ketika keluar dari pertarungan, mendapatkan 8 persen bonus movement speed di brush, hutan, dan sungai.
- Mastermind – Memberikan 10 persen bonus true damage kepada epic monster dan turret. Mendapatkan 100 gold dan 500 XP tambahan ketika melakukan kill atau assist terhadap objektif tersebut.
- Hunter – Genius – Mendapatkan 2,5 persen cooldown reduction, Champion unik yang dikalahkan akan menambahkan 1,5 persen cooldown reduction tambahan.
- Sweet Tooth – Menambahkan efek heal dari Honey Fruit sebesar 25 persen, memakan setiap fruit juga akan menambahkan 20 gold.
- Pack Hunter – Ketika berada di dekat champion teman, mendapatkan 2 persen bonus movement speed. Setiap teman unik yang berpartisipasi bersama dalam takedown akan mendapatkan 50 gold dan teman yang berpartisipasi akan mendapatkan 50 gold.
- Manaflow Band – Mengenai champion musuh dengan ability power atau attack yang diperkuat secara permanen akan memberikan tambahan mana maksimal sejumlah 30, mana maksimal yang dapat dikumpulkan dari Manaflow Band adalah 300 mana.