Impresi Awal Doomfist, Offense Terkuat di Overwatch
article-banner
Impresi Awal Doomfist, Offense Terkuat di Overwatch
Estu Putro Wibowo
Jul 07,2017
share
like

Akande Ogundimu atau Doomfist hadir di PTR Overwatch! Dengan lima skill aktif dan satu skill pasif, Doomfist dipasang menjadi seorang hero offense yang memiliki gameplay sangat berbeda bila dibandingkan hero-hero Overwatch lainnya.

Apa saja yang membuat Doomfist tampil berbeda? Simak impresi kami di bawah ini.

Skill Doomfist

Doomfist digambarkan sangat kuat dan mampu menghabisi musuh dengan satu serangan. Kekuatannya dituangkan oleh Blizzard melalui serangan Rocket Punch (klik kanan). Serangan Rocket Punch ini merupakan charge attack yang akan memberikan damage 49 hingga 100 (tergantung seberapa lama kamu menahan serangan Rocket punch). Bila bisa membuat musuh terpental dan menghantam tembok, maka Rocket Punch akan menghasilkan damage tambahan sebesar 50 hingga 150, sekali lagi tergantung lama charge Rocket Punch yang digunakan untuk menghantam musuh.

Selain Rocket Punch Doomfist juga memiliki serangan Rising Uppercut (Shift) yang akan membuat musuh melayang ke udara. Damage dari Rising Uppercut hanya 50, tetapi skill ini bisa mengenai dua target sekaligus dan Doomfist bakal mendarat dengan kecepatan yang lebih lambat ketimbang karakter lainnya.

Seismic Slam adalah skill ketiga Doomfist yang membuat dirinya melompat ke depan dan menghantam tanah dengan keras. Kalau kamu berada dalam radius skill ini kamu akan menerima 45 damage dan terpental mendekati Doomfist.

Skill offhand dari Doomfist adalah Hand Cannon (klik kiri). Skill ini membuat tangan kiri Doomfist menembakkan peluru shotgun dengan kapasitas empat peluru dengan enam pelet dan 11 damage per pelet. Hand Cannon tidak bisa direload karena akan terisi ulang dengan sendirinya.

Untuk ultimate, Doomfist memiliki ultimate AoE bernama Meteor Strike. Saat diaktifkan, Doomfist akan melompat ke luar peta dan menghilang selama beberapa detik. Saat hilang kamu akan memiliki target AoE, di mana titik epicentrumnya akan menghasilkan 300 damage sementara yang berada di sekitarnya akan terkena 140 damage.

Skill pasif Doomfist adalah The Best Defense, yang akan memberikan shield tambahan kepada Doomfist, setiap dia berhasil mendaratkan sebuah skill aktif pada musuh. Jumlah shield maksimal yang bisa didapatkan adalah 150 sehingga Doomfist bisa memiliki HP maksimal sebanyak 400 HP dalam kurun waktu tertentu. Seiring dengan waktu shield akan menurun

Gameplay

Karena menggunakan sistem charge, pengguna Doomfist harus pintar-pintar memilih posisi yang tepat untuk mengumpulkan charge Rocket Punch. Skill ini mirip dengan serangan charge Reinhardt sehingga harus mengenai center of gravity seorang hero agar menimbulkan efek knock back. Sebagai contoh, kamu tidak bisa mengenai bagian Rocket Hammer dari Reinhardt ketika menggunakan Rocket Punch.

Rocket Punch ini akan mementalkan siapapun kecuali Bastion yang sedang berada dalam kondisi Sentry Mode dan Orisa yang sedang Fortify. Bahkan skill Charge Reinhardt kalah dengan Rocket Punch. Rocket Punch dan Rising Uppercut merupakan serangan fisik, jadi tameng Reinhardt, Orisa, atau Winston tidak bisa menahan damage keduanya.

Untuk Rising Uppercut, skill ini bisa digunakan untuk mengacaukan pertahan musuh, terutama ketika berada di choke point. Rising Uppercut ini bila dikombinasikan dengan Seismic Slam bisa menjangkau musuh yang ada di kejauhan atau bisa juga digunakan sebagai escape mechanism. Saat melayang di udara, kamu harus menekan tombol arah untuk bisa mengeluarkan Seismic Slam. Bila kamu tidak menekan tombol arah, kamu tidak bisa memasukan command lainnya.

Hand Cannon Doomfist berfungsi sebagai finisher bagi para hero yang terkena Rocket Punch dan menghantam tembok di belakangnya atau bisa juga digunakan untuk mencicil HP lawan yang mengudara karena Rising Uppercut.

Ultimate dari Doomfist bisa digunakan sebagai escape mechanism ketika HP Doomfist sekarat. Pasalnya ketika mengeluarkan Meteor Strike, Doomfist akan menghilang dari layar dan tidak bisa dilukai. Damage yang dihasilkan memang tidak terlalu fatal, tetapi 140 hingga 300 damage lebih dari cukup untuk membunuh support dan DPS.


Saya sangat menantikan kedatangan Doomfist di live server, keberadaan Doomfist akan menghilangkan trench war di choke point yang biasanya kerap terjadi di beberapa map seperti King’s Row atau Eichwalde. Doomfist seharusnya bisa memecah pertahanan yang mengandalkan barrier dengan mudah. Hasilnya efektifitas anchor tank akan lebih menurun lagi melebihi paska buff Reaper.

Artikel Terkait

Tags: