Perubahan Battle Spell dan Custom Emblem di Patch 1.3.08 Mobile Legends
article-banner
Perubahan Battle Spell dan Custom Emblem di Patch 1.3.08 Mobile Legends
Estu Putro Wibowo
Sep 03,2018
share
like

Setelah sebelumnya kami membahas perubahan jungle monster di Mobile Legends, sekarang giliran perubahan pada Battle Spell dan Custom Emblem yang akan kami bahas.

Perubahan yang pertama pada Battle Spell datang dari Retribution. Battle Spell yang merupakan modal para jungler untuk farming dengan cepat.

Retribution

Battle Spell Retribution masih memberikan damage yang sama pada jungle monster, tetapi efek damage reduction ketika melawan jungle monster meningkat menjadi 80 persen (sebelumnya 30 persen).

Perubahan di atas bisa dimanfaatkan para hero yang memang melakukan farming di jungle sejak early game, tetapi akan mengurangi efektivitas para hero yang menggunakan Battle Spell lainnya.

Penggantian damage reduction ini kemungkinan besar mengubah kebiasaan para marksman dan mage untuk memasuki jungle di early game. Perubahan kebiasan ini timbul karena mereka memiliki kecenderungan menggunakan Flicker ketimbang Retribution.

Inspire

Inspire versi baru akan memberikan armor penetration yang lebih kecil dari sebelumnya. Semula Inspire memberikan armor penetration sebesar 11-25. Dalam perubahan baru ini armor penetration Inspire melorot ke angka 9-24.

Kami belum tahu apa yang menyebabkan Moonton melakukan pengurangan armor penetration dari Inspire. Tapi menurut hemat kami, pengurang ini merupakan sebuah upaya pencegahan terhadap beberapa hero yang bisa menghancurkan turret lebih cepat dari seharusnya karena memanfaatkan Inspire.

Sprint

Battle Spell Sprint kini akan menghilangkan semua efek slow dan memberikan efek kebal terhadap slow selama 2 detik. Perubahan efek ini mungkin diterapkan Moonton agar mengangkat pamor Sprint yang selama ini selalu kalah dari Flicker.

Healing Spell

Healing Spell mengalami penurunan regenerasi HP dari semula 15 persen menjadi 12 persen dari HP maksimal. Sebagai gantinya pengurangan tersebut, Healing Spell akan memberikan tambahan heal sebesar 165-375 untuk hero yang memiliki HP terendah.

Aegis

Aegis akan memberikan shield pada dirimu dan satu hero teman yang memiliki HP paling rendah. Perubahan ini menggantikan efek Aegis sebelumnya yang selalu memberikan satu shield pada hero atau rekan satu tim yang memiliki HP rendah, sehingga kerap misuse atau salah target, terutama di situasi darurat.

Purify

Purify mendapatkan pengurangan cooldown menjadi 90 detik (semula 110 detik).

Execute

Execute akan mengalami pengurangan cooldown sebesar 40% bila kamu berhasil membunuh musuh dengan Execute. Perubahan ini tampaknya ditempuh Moonton untuk meningkatkan penggunaan Execute yang selama ini kalah populer ketimbang Battle Spell lainnya.

Custom Emblem

Selain perubahan pada Battle Spell, Moonton juga memberikan berbagai perubahan pada talent yang dimiliki Custom Emblem masing-masing role.

Mystery Shop (Custom Mage Emblem)

Mystery Shop bakal menggantikan Golden Touch. Talent ini akan memberikan diskon sebesar 10 persen untuk semua equipment.

Magic Worship (Custom Mage Emblem)

Magic Worship mengalami pengurangan damage yang dibutuhkan untuk memunculkan efek Magic Worship. Sebelumnya Magic Worship membutuhkan damage sebesar 10 persen HP maksimum untuk mengaktifkan efeknya, kini syarat tersebut berkurang menjadi hanya tujuh persen saja.

Selain pengurangan syarat HP, Magic Worship mengalami pengurangan cooldown sebesar 5 detik.

Unbending Will (Custom Fighter Emblem)

Unbending Will akan mendapatkan penambahan status berupa satu persen damage untuk tujuh persen HP yang hilang (maksimal 10 persen). Semula talent ini hanya memberikan 0,2 persen tambahan damage untuk setiap 100 HP yang hilang (maksimal 10 persen).

Walaupun sama-sama memiliki penambahan maksimal sebesar 10 persen, tetapi penggunaan persenan sedikit banyak lebih menguntungkan bagi para fighter yang memiliki HP tipis. Sebelumnya kamu harus kehilangan 5000 HP terlebih dahulu untuk mencapai 10 persen damage tambahan. Dengan perubahan ini, kamu hanya membutuhkan pengurangan 70 persen HP untuk mencapai 10 persen damage tambahan.

Festival of Blood (Custom Fighter Emblem)

Festival of Blood bakal menggantikan Steady Like A Rock. Talent ini akan memberikan Spell Vamp sebesar lima persen untuk setiap skill yang kamu keluarkan. Kemampuan Spell Vamp ini akan bertambah satu persen bila kamu berhasil membunuh musuh. Jumlah maksimal peningkatan lifesteal yang bisa dicapai adalah 15 persen.

Bounty Hunter (Custom Assassin Emblem)

Bounty Hunter mengalami pengurangan menjadi 100 gold per kill (sebelumnya 125 gold). Tetapi sebagai gantinya, jumlah gold maksimal yang bisa dikumpulkan meningkat menjadi 1500 gold (sebelumnya 1250 gold).

Killing Spree (Custom Assassin Emblem)

Killing Spree mendapatkan peningkatan status, semula membunuh hero hanya mendapatkan regenerasi HP delapan persen dan penambahan movement speed 10 persen. Dalam update terbarunya, Killing Spree mendapatkan penambahan regenerasi HP sebesar 15 persen dan penambahan movement speed sebesar 20 persen.

Electro Flash (Custom Marksman Emblem)

Electro Flash akan menggantikan Hot Pursuit. Talent ini akan memberikan penambahan movement speed sebesar 40 persen dan regenerasi HP sebesar 30 persen dari physical attack yang dihasilkan oleh hero tersebut.

Avarice (Custom Support Emblem)

Fungsi Avarice akan menggantikan Healing Hand dari Custom Support Emblem. Avarice bakal memberikan 10 gold untuk setiap damage yang diarahkan ke hero musuh (maksimal 1200 gold). Talen Avarice akan aktif setiap 2 detik sekali.

Fungsi dari Avarice cukup mudah dipahami. Pada intinya kamu menggunakan emblem ini untuk mendapatkan equipment yang kamu butuhkan lebih cepat dari seharusnya. Ada kemungkinan besar di mid game Emblem ini sudah kehilangan fungsinya, jadi perhitungkan penggunaannya dengan matang.

Artikel Terkait

Tags: