Seiring dengan hadirnya update 1.3.22, Moonton merombak sistem end game scoring sehingga diharapkan lebih adil. Perubahan tersebut mempengaruhi siapa yang memperoleh MVP di dalam match dan membuka kemungkinan untuk mendapatkan lebih dari tiga Gold Medal.
Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca penjelasan sistem scoring tersebut di bawah ini.
Sistem MVP Baru
Pada sistem MVP lama, perhitungan dasar skor sangat bergantung pada jumlah kill, assists dan death. Saat kamu berhasil melakukan kill, kamu akan mendapatkan satu poin. Sementara itu bila kamu melakukan assists, kamu akan mendapatkan 0,75 poin. Terakhir, kalau kamu mati, kamu akan mendapatkan pengurangan -0,5 poin. Perhitungan dasar ini masih di luar angka-angka yang didapat dari menghancurkan turret, Turtle/Lord kill dan win.
Rupanya sistem ini terasa kurang adil bagi sebagian orang. Pasalnya bisa saja orang yang tidak aktif di setiap team fight malah mendapatkan MVP hanya karena dia solo kill paling banyak dan mati paling sedikit. Untuk itu Moonton mengganti formula end game scoring di Mobile Legends dengan sebuah sistem yang melibatkan semua status yang muncul di setiap match.
Sistem baru ini melibatkan status damage, damage taken, damage turret, KDA, team fight dan gold. Sampai detik ini belum ada penjelasan pasti mengenai formula masing-masing elemen, tapi yang jelas kamu bisa melihat perubahannya pada video di bawah ini.
Apakah Ini Adil?
Kalau dilihat sekilas, penilaian berdasarkan enam status tersebut dinilai cukup adil. Tapi kalau kita menyelami lebih dalam lagi, kamu akan menemukan berbagai ketimpangan terutama untuk role mage, tank dan support.
Seorang mage seharusnya mendapatkan skor yang lebih optimal pada damage, KDA, team fight dan gold. Penilaian ini baru bisa dianggap adil, mengingat seorang mage tidak akan mungkin menang di damage turret apalagi damage taken.
Senasib dengan mage, tank seharusnya mendapatkan poin lebih optimal pada damage taken, assists/kill, team fight dan minus death. Hal ini ditempuh juga karena pada kenyataannya seorang tank akan selalu kesulitan mengumpulkan gold ketimbang role lainnya.
Sementara itu support seharusnya mendapatkan poin paling banyak dari team fight, assist, kill dan berbagai kemampuan khusus mereka seperti shield, regenerasi HP, disable dan minus death.
Pendek kata, seharusnya para hero mendapatkan poin paling banyak berdasarkan role yang mereka gunakan. Bukan berdasarkan status yang dipukul rata untuk setiap role.
Untuk sementara sistem scoring baru ini bisa menunjukkan siapa yang paling tidak berkontribusi di dalam tim. Dalam berbagai kesempatan kami menemukan satu orang mendapatkan silver atau bronze, sementara yang lainnya mendapatkan gold. Kondisi ini tidak mungkin terjadi di sistem scoring lama, sehingga sangat membantu dalam menganalisa performa tim kamu di match tersebut.