Panduan Mobile Legends: Harass dan Cara Melawannya

Setiap hero di Mobile Legends memiliki potensi sendiri-sendiri yang akan tercapai seiring meningkatnya level dan gear yang dimilikinya. Dalam solo kill ataupun team fight, hero yang mencapai potensinya terlebih dahulu biasanya lebih diuntungkan. Karena itu kamu harus bisa menghambat perkembangan musuh agar mereka tidak mencapai potensinya tepat waktu..

Salah satu cara untuk menghambat potensi lawan adalah dengan cara melakukan harass atau mengganggu hero lawan saat proses laning berlangsung. Beberapa hero memiliki kemampuan harass yang sangat baik, sedangkan beberapa lainnya tidak.

Berikut ini adalah metode dasar dari harassing yang bisa kamu terapkan di Mobile Legends.

Metode Harassing

Zoning

Metode pertama ini bisa dicapai dengan cara memanfaatkan skill atau attack modifier (efek serangan khusus) milik heromu untuk menyerang musuh dari jarak aman.

Contoh beberapa hero yang bisa melakukan zoning adalah Auroroa, Cyclops, Tigreal dan Alice. Keempat hero ini melakukan zoning dengan memanfaatkan skill mereka yanga memiliki jarak serangan cukup jauh dan damage yang lumayan tinggi.

Untuk kategori hero dengan attack modifier, kamu bisa melihat contohnya pada Bane, Moskov, Karrie, Odette dan Hanabi. Para hero ini memiliki serangan dasar dengan efek spesial yang bisa memberikan status khusus ataupun damage ke semua musuh sekaligus, sehingga bisa digunakan untuk mengharass hero musuh saat proses laning berlangsung.

Debuffing

Debuffing bisa dilakukan dengan cara berulang kali menerapkan skill crowd control ke hero musuh yang kadang-kadang dikombinasikan dengan damage skill atau basic attack, sehingga memaksa mereka mundur dari pertempuran.

Metode kedua ini paling mudah dilakukan oleh hero-hero yang memiliki skill crowd control dan damage sekaligus. Contoh heronya adalah Hylos, Vexana dan Valir.

Kalau kamu bingung dengan contoh metode debuffing, kamu bisa melihat cara Hylos dalam menyiksa hero musuh. Hylos bisa menyiksa musuh-musuhnya terutama di early game dengan cara memanfaatkan kombinasi skill Law and Order, Ring of Punishment dan basic attack.

Kiting

Metode kiting memanfaatkan basic attack yang dimiliki seorang hero. Cara ini lazim dilakukan oleh para hero marksman yang memiliki jarak serangan lebih jauh ketimbang hero lainnya.

Dengan memanfaatkan perbedaan jarak ini, kamu bisa menyarangkan beberapa free hits pada hero lawan yang sedang laning. Sekeras apapun hero yang kamu hadapi, lama-kelamaan mereka akan mundur karena kehabisan HP. Metode ini bisa juga dilakukan dengan skill yang memiliki jarak serangan jauh.

Hero marksman bisa dipastikan mengisi daftar hero yang bisa melakukan kiting. Di antara hero-hero tersebut, Irithel adalah hero yang paling bisa mengoptimalkan metode kiting karena kemampuannya untuk menyerang sambil terus bergerak dan attack speednya yang sangat tinggi.

Hit and Run

Metode Hit and Run digunakan para hero yang memiliki kemampuan untuk dive ke dekat musuh, mengeluarkan skill atau basic attack, kemudian menjauh secepatnya. Beberapa hero yang bisa melakukan Hit and Run dengan mudah adalah Lancelot, Chou, Gusion, Jawhead dan Lapu-Lapu.

Konsekuensi Harassing

Harassing memiliki berbagai efek buruk bagi musuh. Efek yang paling terlihat adalah posisi hero musuh yang biasanya jadi lebih defensive. Dia akan bermain jauh di belakang titik temu minion sehingga kehilangan beberapa gold dan experience.

Pada beberapa kasus harass juga membuat musuh memasuki mental state yang buruk. Sehingga musuh akan bermain tanpa motivasi, sluggish, clunky dan ceroboh.

Cara Melawan Harassing

Ada banyak metode melawan harassing. Metode paling umum dan paling aman adalah dengan cara melakukan lane swap dengan teman yang tidak terkena atau paling minimal terkena harass. Metode ini biasanya ditempuh bila hero yang terkena harass adalah seorang core carry yang sangat membutuhkan level dan gear.

Metode lainnya adalah dengan cara bertukar atau mengajak partner satu lane. Metode ini memiliki konsekuensi terbaginya experience dan gold pada teman satu lane. Tapi jelas lebih baik daripada kehilangan semuanya atau malah terbunuh saat laning.

Metode yang terakhir adalah dengan cara mengganggu keseimbangan titik temu minion. Metode ini mengharuskan kamu memiliki burst damage yang sangat tinggi, agar bisa melakukan wave clear dengan cepat dan mendorong minionmu sedekat mungkin dengan turret musuh.

Dengan berada di dekat turret musuh, diharapkan minion kamu habis terlebih dahulu sehingga pada dua atau tiga wave berikutnya, minion musuh berada lebih dekat dengan turret kita.


Itulah tadi penjelasan dan beberapa metode melakukan harass. Pada kesempatan lainnya kami akan menuliskan cara menghilangkan potensi jungle musuh, agar musuh kehilangan kecepatan mereka dalam mengumpulkan gold dan experience.

Silakan tunggu panduan tersebut di metaco.gg.


Comments

comments