Blizzard mengumumkan bahwa mereka akan melakukan update terhadap Hearthstone di akhir Februari, sebelum mengumumkan dan merilis ekspansi baru mereka. Update yang mereka umumkan tidak banyak, yaitu perubahan kecil pada sistem leaderboard atau ranked mode, serta nerf untuk dua kartu yang sangat populer dan dianggap overpowered saat ini.
Checkpoint Baru untuk Ranked Mode
Sebelumnya, ketika bermain ranked mode, peringkatmu akan naik ketika menang dan turun ketika kalah. Satu-satunya tempat di mana kamu tidak bisa turun peringkat adalah ketika berada di rank 20 dan legend. Setelah update ini, kamu tidak akan kehilangan peringkat jika berada di rank lima, 10, dan 15. Yup, kamu punya checkpoint baru tiap lima rank.
Perubahan ini akan memberikan pemain ruang yang lebih luas untuk bereksperimen. Saat ini, kebanyakan pemain bereksperimen dan mencoba deck baru hanya di awal bulan atau saat mereka masih berada di rank rendah, yaitu sekitar 17 sampai 13 tergantung rank ia peroleh di bulan sebelumnya.
Namun begitu menginjak rank 10 ke atas, banyak pemain yang mulai lebih serius dan menggunakan meta deck yang memang populer dan terbukti solid. Mencoba ide deck baru yang belum terbukti kekuatannya menjadi sangat berisiko karena kamu bisa saja kalah berkali-kali dan kehilangan rank. Padahal kamu masih ingin melakukan grinding agar mendapatkan legend bulan itu dan tidak mau repot harus kembali memanjat di rank tertentu.
Setelah update ini diimplementasikan, begitu menginjak rank 10, kamu bisa kembali bereksperimen tanpa harus takut terlempar ke rank 13 dan membuat upaya untuk mendaki ke rank lima menjadi semakin sulit.
Nerf untuk Spirit Claw dan Small-time Buccaneer
Small-time Buccaneer yang saat ini punya stats awal 1/2 akan berubah menjadi 1/1, masih dengan mana cost serta efek yang sama. Sementara Spirit Claw akan punya mana cost dua, dengan efek, attack, serta durabilitas yang sama.
Sejak dirilis di Mean Streets of Gadgetzan, Small-time Buccaneer adalah kartu yang sangat populer. Dipasangkan dengan Patches The Pirate, Small-time Buccaneer adalah kartu wajib untuk semua deck yang bisa menggunakan senjata di fase awal permainan, dan ingin memiliki early game sangat kuat.
Satu hal yang menyebalkan dari kartu ini adalah, dengan stats dasar 1/2, kamu tidak bisa membunuhnya dengan mudah. Mage harus menggunakan Hero Power dua kali atau kartu spell yang berharga untuk membunuhnya. Rogue harus menggunakan Backstab atau memukulnya dua kali dengan Hero Power, dan Hunter sama sekali tidak bisa melakukan apa-apa. Dengan perubahan stats menjadi 1/1, ia paling tidak lebih bisa ditanggulangi.
Spirit Claws juga menjadi kartu wajib di hampir semua deck Shaman sejak pertama kali dirilis di ekspansi One Night in Karazhan. Hanya dengan mana cost satu, senjata ini bisa menghasilkan total sembilan damage selama kamu punya minion dengan efek spell damage di atas board, sesuatu yang bisa dilakukan oleh Shaman dengan mudah.
Dengan mana cost dua, kartu ini menjadi sedikit lebih balanced. Selain itu, pemain akan dituntut untuk benar-benar mempertimbangkan kapan ingin menggunakannya agar bisa mendapatkan value yang maksimal sesegera mungkin.
Apakah nerf di atas akan membuat deck agresif, khususnya Aggro Shaman menjadi sama sekali tidak bisa dimainkan? Tidak juga. Menurut saya, Small-time Buccaneer dan Spirit Claws akan tetap menjadi pilihan yang populer di deck agresif atau memerlukan early game yang solid.
Hanya saja, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, nerf ini paling tidak membuat dua kartu tersebut lebih mudah ditangani. Dengan begitu kamu tidak akan langsung kalah hanya karena lawanmu bisa memainkan salah satu kartu tersebut di turn pertama.