Kamus Istilah Hearthstone
article-banner
Kamus Istilah Hearthstone
Auday
Feb 27,2017
share
like

Ketika sedang menonton pertandingan Hearthstone kompetitif atau sekadar berdiskusi di forum internet, kamu akan menjumpai banyak istilah khusus dalam game ini yang sering digunakan oleh para pemainnya.

Jika kamu adalah pemain yang baru terjun ke dunia Hearthstone, mungkin sedikit bingung dengan maksud dari istilah-istilah tersebut. Beberapa istilah seperti Battlecry atau Deathrattle tentu bisa kamu pahami karena dijelaskan di dalam Hearthstone itu sendiri. Namun, bagaimana dengan istilah lain yang tidak dapat kamu temukan sama sekali di dalam game ini?

Oleh karena itu, supaya kamu tidak bingung dan bisa “nyambung” ketika berdiskusi, Metaco telah menyiapkan sebuah kamus khusus istilah-istilah di dalam dunia Hearthstone. Yuk kita pelajari bersama-sama!

  • Aggro: Gaya permainan agresif yang menggunakan minion, spell, atau weapon dengan mana cost kecil, namun mampu menurunkan health hero lawan dengan cepat. Contoh deck tipe ini antara lain Pirate Warrior dan Aggro Shaman.
  • Area of Effect (AoE): Kartu yang menghasilkan damage ke lebih dari satu minion, misalnya Flamestrike, Hellfire, dan Swipe.
  • Bad Manner (BM): Perilaku pemain yang dengan sengaja mempermainkan lawan hanya untuk iseng atau membuat lawan kesal. Misalnya sengaja mengulur giliran meskipun dia sudah jelas menang atau melakukan emote spam.
  • Board: Papan permainan tempat sebagian besar interaksi tiap kartu akan terjadi, serta tempat kamu memainkan minion.
  • Board Clear: Istilah ketika kamu berhasil menghabisi seluruh minion lawan yang ada di atas board, atau kartu yang bisa melakukan itu.
  • Board Control: Istilah ini mengarah ke posisi kekuatan board kamu dibandingkan dengan lawan. Pemain dengan minion yang lebih solid dan banyak dianggap memegang board control untuk saat itu. Misalnya, kamu memiliki dua minion dengan bodi 4/5 dan 3/4, melawan musuhmu yang hanya memiliki satu minion dengan bodi 4/4. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah melakukan trade minion 4/5 kamu kepada 4/4 miliknya dan masih menyisakan dua minion di board.
  • Bubble: Istilah lain untuk Divine Shield.
  • Buff: Penambahan status pada minion. Misalnya efek kartu Blessing of Kings.
  • Burn: Akibat yang terjadi kepada kartu yang terambil dari deck ketika kartu di tanganmu sudah penuh memegang 10 kartu. Sehingga, kartu tersebut hancur atau “keluar” dari pertandingan. Burn juga bisa berarti kartu yang memiliki burst damage.
  • Burst: Menghasilkan damage ke satu target dalam jumlah yang sangat besar, biasanya bersumber dari spell atau ability minion. Misalnya Fireball, Pyroblast, dan North Sea Kraken.
  • Constructed: Permainan menggunakan deck yang dibuat dari kartu-kartu di koleksimu, dan dimainkan di Casual, Ranked, atau turnamen.
  • Control: Gaya bermain yang berusaha menahan agresi lawan di awal permainan, lalu membalikkan keadaan di akhir permainan. Gaya ini memenangkan permainan di late game dengan minion besar atau fatigue.
  • Cycle: Menggunakan sebuah kartu untuk melakukan draw, dengan tujuan mendapatkan kartu yang lebih baik atau dibutuhkan untuk menang. Misalnya, menggunakan Gadgetzan Auctioneer dan spell dengan mana cost rendah untuk mencari kartu-kartu yang dibutuhkan saat itu.
  • Debuff: Lawan dari Buff, atau memberi efek negatif ke minion. Contohnya efek dari kartu Pint-Size Potion.
  • Direct Damage: Kartu yang bisa memberikan damage langsung ke hero lawan. Misalnya Frostbolt, Fireball, dan Pyroblast.
  • Face: Hero masing-masing pemain. “Going face” berarti menyerang hero lawan.

Baca juga: Panduan Decklist Hearthstone: Jade Shaman

  • Fatigue: Kondisi di mana sudah tidak ada lagi kartu di deck, sehingga kamu akan menerima damage sekuensial (1, 2, 3, 4, dst.) setiap kali kamu melakukan draw.
  • Guy/Dude/Token: Istilah untuk minion kecil yang muncul karena efek kartu lain. Umumnya minion ini punya bodi kecil (1/1) seperti Apprentice dari Violet Teacher, dan Silverhand Recruit dari Hero Power Paladin atau Muster for Battle.
  • Hand: Biasanya merujuk ke kartu yang dimiliki pemain di tangannya saat itu.
  • Ladder: Istilah yang digunakan dalam Ranked Play Mode untuk menunjukkan peringkat 1-25 dan legend. Bermain di mode Ranked biasa dikatakan sebagai laddering atau memanjat ladder.
  • Lethal: Kondisi di mana kamu bisa membunuh lawan di giliran itu dan memenangkan pertandingan, entah itu dari minion di atas board dan/atau dengan kartu yang ada di tanganmu.
  • Mana Curve: Kurva mana, atau distribusi kartu dalam sebuah deck dilihat dari mana cost masing-masing kartu. Misalnya, kamu memiliki distribusi kartu dengan cukup banyak mana cost kecil untuk menguasai tempo di awal permainan, dan beberapa mana cost besar di akhir permainan sebagai finisher.
  • Meta/Meta-game: Istilah yang menggambarkan kondisi game atau popularitas suatu deck pada saat itu. Class mana yang lebih baik? Kartu apa yang sangat kuat?
  • Midrange: Gaya bermain yang menargetkan dominasi permainan di pertengahan game atau antara turn empat hingga delapan. Bisa dikatakan midrange adalah gabungan dari aggro dan control.
  • Miracle: Sebutan untuk deck yang dalam satu atau dua giliran mampu memenangkan pertandingan begitu saja meskipun sedang tertinggal jauh. Deck seperti ini umumnya berbasis combo punya banyak card draw yang efisien dan murah untuk menemukan potongan combo tersebut dengan cepat.
  • Mulligan: Proses awal sebelum permainan dimulai di mana kamu mendapatkan tiga atau empat kartu awal dan bisa menukarkannya jika merasa kartu awal itu kurang bagus.
  • Mill: Kondisi di mana kamu dipaksa untuk melakukan draw meskipun kartu di tanganmu sudah 10, atau jumlah maksimal kartu yang dapat disimpan di tangan, sehingga kartu yang terambil tersebut hancur (burn).
  • Netdeck: Aktivitas mencontoh seluruh isi atau sebagian deck yang terdapat di internet.
  • OTK: One turn kill. Istilah ini biasanya mengacu kepada sebuah deck yang mampu mendapatkan lethal dalam satu giliran dengan mengombinasikan beberapa kartu untuk mengeluarkan burst damage. Misalnya, combo OTK Malygos Druid, atau Leeroy Jenkins dengan Power Overwhelming atau Cold Blood.
  • Ping: Istilah yang menggambarkan proyektil satu damage. Ping sangat erat dengan Hero Power Mage, atau efek battlecry yang memberikan satu damage seperti Elven Archer.
  • Race: Kondisi di mana kamu berlomba dengan lawan untuk membunuhnya duluan sebelum dia membunuhmu. Keadaan ini biasanya terjadi di Arena, melawan deck yang sama, atau di late game dengan tidak ada kartu di tangan.
  • Ramp: Istilah khusus untuk Druid karena mampu menggunakan kartu seperti Innervate, Wild Growth, dan Nourish untuk meningkatkan mana crystal lebih cepat ketimbang Class lainnya.
  • Removal: Kartu yang mampu membunuh minion lain di board secara instan atau dengan memberikannya damage yang cukup.
  • RNG: Singkatan dari Random Number Generator, dan biasanya merujuk ke kondisi di mana hasil dari sebuah tindakan sangat bergantung pada peluang atau keberuntungan. Misalnya, ketika kamu memainkan Ragnaros di saat lawan punya 3 minion di atas board, ke mana Ragnaros akan menembak adalah salah satu bentuk dari RNG.
  • Sac/Sacrifice: Memukul minion lawan dengan konsekuensi minion yang kamu gunakan pasti mati.
  • Trading/Trade: Menyerang minion lawan dengan minion atau senjatamu. Disebut demikian karena kamu menukarkan minion lawan dengan sesuatu yang kamu miliki, yaitu health minion atau health hero sendiri.
  • Top-deck: Top-deck pada dasarnya adalah mengambil, atau melakukan draw kartu di giliran itu. Di Hearthstone, istilah ini lebih sering digunakan sebagai kondisi di mana seorang pemain menarik kartu yang memang sangat dia butuhkan saat itu, atau bahkan kartu yang membuatnya bisa memenangkan permainan.
  • Value/Value Play: Gerakan yang memberikanmu keuntungan paling maksimal untuk tiap kartu yang terlibat atau digunakan dalam gerakan tersebut.
  • X-Drop: minion dan mana cost yang dimilikinya (X adalah angka atau mana cost), misalnya 4-drop berarti kartu dengan mana cost 4.
  • Zoo: Istilah ketika pemain atau sebuah deck memainkan banyak minion atau membanjiri board secara cepat dengan tujuan menghasilkan damage sebanyak mungkin sebelum lawan mampu bereaksi.

Baca juga: Panduan Hearthstone: Apa Itu Tech Card, dan Bagaimana Cara Memilihnya

Artikel Terkait

Tags:
Panduan Hearthstone