Strategi Dasar Instan Raging Demon Akuma
article-banner
Strategi Dasar Instan Raging Demon Akuma
Estu Putro Wibowo
Jan 16,2017
share
like

Season 2 Street Fighter V dipenuhi dengan Akuma di mana-mana, karena sang penguasa satsui no hado ini memiliki gameplay yang cukup agresif dan rewarding.

Salah satu kekuatan Akuma terletak pada Raging Demon (Shun Goku Satsu), tapi berhubung inputnya agak “mencurigakan,” banyak orang yang mengaplikasikan Priority Linking atau yang biasa disebut sebagai P-Linking.

Dalam panduan kali ini kami akan berusaha menjelaskan apa itu P-Linking dan bagaimana cara mengaplikasikannya di Raging Demon.

P-Linking muncul pada game fighting yang memiliki prioritas serangan. Contoh: Street Fighter IV selalu mendahulukan serangan high punch (HP) bila ditekan bersamaan dengan medium punch (MP).

Aplikasi paling gampang dari P-Linking adalah crouch tech yang dilakukan dengan cara menekan tombol c.LP+c.LK (bawah LP, LK). Saat menekan tombol tersebut karakter kalian tidak bisa dibanting dan sulit untuk didekati, karena karakter kalian akan mengeluarkan serangan c.LK dan bila sampai terkena bantingan, otomatis input LP+LK akan terbaca sebagai sebuah Throw Escape yang akan membatalkan bantingan musuh.

P-Linking dieksekusi dengan cara menekan dua tombol yang memiliki prioritas berbeda dengan selisih satu frame (1/60). Gerakan biasanya ini lebih mudah dilakukan di arcade stick, tetapi tetap sulit untuk dikuasai.

Untuk praktik P-Linking dan penjelasannya, kamu bisa menyimaknya pada video di bawah ini.

Raging Demon

Akuma memiliki satu serangan super yang bisa diakses ketika Akuma menyalakan V-Trigger (Dohatsu Shoten).Yang jadi masalah adalah, Raging Demon memiliki notasi yang mencolok (LP, LP ->, LK, HP). Pada artikel perkenalan Akuma, saya menebak-nebak bagaimana Raging Demon dieksekusi di Street Fighter V. Ternyata pertanyaan tersebut terjawab pada video di bawah ini.

Dengan menggunakan input P-Linking, Akuma bisa menggabungkan serangan s.HK dengan Raging Demon. Bila dilakukan dengan cukup cepat, s.HK tidak akan selesai animasinya dan sebagai gantinya Raging Demon lah yang keluar.

Bila dirasa input s.HK tidak terlalu menguntungkan, Akuma bisa menggabungkan Rakan (MP+MK) yang diteruskan dengan LK. Saat melakukan Rakan, Akuma harus sudah memasukan tiga input awal Raging Demon (LP, LP, ->), yang dilanjutkan dengan LK (Rakan) yang dicancel ke Raging Demon karena input HP yang dimasukan terakhir. Hasilnya Akuma memiliki Rakan yang bisa menangkis satu serangan yang diikuti oleh Raging Demon.


Saya sempat menanyakan ke komunitas Street Fighter Indonesia tentang keberadaan P-Linking di Street Fighter V. Sejatinya glitch tersebut masih hadir si Street Fighter V tetapi tidak terlalu dimanfaatkan karena input delay yang lumayan besar dan sistem Street Fighter V yang lebih forgivable ketimbang Street Fighter IV.

Kalau kamu bisa menguasai tehnik instan Raging Demon ini, kamu harus ingat kalau cost yang dibayarkan untuk melakukan serangan tersebut sangatlah besar (V-Gauge dan Super Bar). Jadi pastikan kalian menghadapi situasi nothing to lose atau kondisi yang sangat menguntungkan untuk mendaratkan serangan tersebut.

Ingat, Akuma hanya memiliki 875 stamina, itu artinya kamu harus menghemat setiap bar yang kamu miliki agar memiliki banyak opsi serangan di setiap ronde.

Artikel Terkait

Tags:
Street Fighter V