Artikel mengenai hitbox sebenarnya pernah di bahas di Apa itu Hitbox dalam FPS, tapi lagi-lagi artikel tersebut kami rasa kurang akurat. Apalagi kalau diterapkan di game fighting yang biasanya sangat memperhatikan posisi hitbox dan hurtbox.
Apa itu Hitbox dan Hurtbox?
Hitbox dan Hurtbox adalah sistem collision detection yang akan memeriksa apakah sebuah objek bersentuhan atau tidak. Sebuah hitbox biasanya dikaitkan dengan bentuk serangan yang akan menjelaskan di mana serangan tersebut efektif. Hurtbox biasanya menjelaskan di mana karakter atau objek tersebut bisa diserang.
Sebuah serangan dianggap masuk atau mengenai target bila sebuah hitbox dan hurtbox saling bertabrakan. Pemilik hitbox akan memberikan damage pada pemilik hurtbox, sementara pemilik hurtbox akan mengeluarkan reaksi atau efek dari serangan tersebut.
Macam-Macam Hitbox dan Hurtbox
Hitbox dan hurtbox ternyata memiliki berbagai tipe di game fighting. Kamu bisa melihatnya di bawah ini.
- Extended Hurtboxes
- Shrunk Hurtboxes
- Disjointed Hitbox
- Misleading Hitboxes
- Attacks that Hit Behind You
Extended Hurtbox
Adalah beberapa serangan yang memperlebar hurtbox milikmu sehingga membuat ukuran karaktermu lebih besar dari seharusnya. Serangan ini sebaiknya tidak digunakan secara sembarangan. Sebab musuhmu bisa menyerangmu dengan cara menghantam hurtbox milikmu yang memanjang atau melebar.
Shrunk Hurtbox
Beberapa serangan membuat hurtbox milikmu mengecil melebihi model karakter. Kondisi ini menyebabkan musuhmu kesulitan untuk menyerangmu.
Disjointed Hitbox
Disjoint Hitbox biasanya muncul dari serangan yang bersifat area sehingga terpisah dari hurtbox milikmu. Projectile bisa dianggap juga sebagai disjoint hitbox.
Misleading Hitboxes
Hitbox yang tidak masuk akal di dunia nyata. Misalnya hitbox yang muncul dari jubah yang melambai, tepian pakaian, atau bahkan ruang kosong.
Attacks that Hit Behind You
Hitbox yang memiliki hitbox di belakang karakter, sehingga bisa menghantam musuh yang berada di belakang mu.