Patch 7.11 Dota 2 Ubah Kalkulasi Buyback dan Comeback Gold
article-banner
Patch 7.11 Dota 2 Ubah Kalkulasi Buyback dan Comeback Gold
Yasser Paragian
Mar 16,2018
share
like

Patch 7.11 pada Dota 2 hanya mengubah kalkulasi gold ketika terjadi kill. Namun ini bsia memberikan pengaruh pada bagaimana caramu bermain.

Berikut adalah penjabaran patch tersebut. Kamu juga bisa melihatnya di sini.

Buyback

Rumus biaya buyback berubah sebagai berikut:

  • Lama: 100 + (level x level x 1,5) + (waktu permainan + 0,25)
  • Baru: 100 + Networth hero / 13

Dalam bahasa yang lebih sederhana, buyback sekarang murni bergantung pada networth hero yang kamu gunakan. Jadi semakin kaya hero kamu, semakin mahal juga biaya buyback kamu. Artinya, jika kamu adalah hard support dalam tim, biaya buyback yang harus kamu bayar mungkin tidak akan pernah mahal.

Selain rumus tersebut, kamu juga tidak akan mendapatkan gold reduction ketika melakukan buyback. Jadi farm yang kamu dapatkan setelah melakukan buyback akan tetap full, tidak lagi dipotong menjadi 40 persen.

Baca juga: Memahami Perbedaan Antara Reliable Gold dan Unreliable Gold

AoE Gold dan Mekanik Comeback

update-711-dota-2-1

Ketika tim kamu tertinggal, komponen comeback dalam AoE gold yang kamu peroleh akan berubah menjadi rumus di bawah ini:

(Networth hero yang mati x 0,026 + 70) / jumlah hero yang terlibat dalam kill

Beserta perubahan rumus tersebut, gold multiplier yang kamu peroleh untuk tiap kill berdasarkan urutan networth lawan juga berubah sebagai berikut.

  • Lama: 1,2/1,1/1,0/0,9/0,8
  • Baru: 1,2/1,05/0,9/0,75/0,6

Sebelumnya, rumus AoE gold untuk tim yang tertinggal bergantung pada seberapa besar networth kolektif tim lawan. Ini akan mengubah cara tim melakukan comeback.

Sebelum patch ini, membunuh support lawan adalah cara paling aman untuk melakukan comeback jika tim kamu tertinggal. Apalagi dengan rumus lama plus gold multiplier lama, membunuh hero support sebanyak 1,5 kali sudah setara dengan hero terkaya di tim lawan.

Dengan rumus baru ini, ketika kamu tertinggal, membunuh support lawan tidak lagi memberikan banyak gold saat kamu tertinggal. Artinya, jika kamu ingin melakukan comeback dengan cepat, kamu harus membunuh core lawan.


Secara keseluruhan, perubahan ini akan mengubah nasib beberapa posisi, terutama hero support. Misal, jika kamu bermain sebagai support dan timmu unggul jauh, kamu tidak perlu terlalu merasa bersalah jika dibunuh saat melakukan warding di tempat berbahaya. Pertanyaannya, apakah ini akan mengubah meta-game secara keseluruhan? Kita lihat saja nanti.

Sumber gambar: Facebook Wykrhm Reddy

Artikel Terkait

Tags: