Tips dan Trik Dota 2: Aggro dan Menggunakan Serangan Biasa

Tips dan Trik Dota 2 Memanfaatkan Aggro Creep dan Serangan Biasa - Featured

Dalam Dota 2, ada dua cara untuk menyerang lawan. Yang pertama adalah dengan klik kanan ke lawan yang ingin diserang. Yang kedua adalah dengan menggunakan command manual untuk menyerang (biasanya tombol “A”), lalu memilih lawan yang diserang. Metode kedua ini juga dikenal dengan istilah A-Click atau A-Clicking.

Fungsi A-Clicking ini sendiri tidak cuma sampai di situ. Kamu juga bisa melakukan A-Click ke tanah. Ini akan membuat hero atau unit yang kamu kendalikan bergerak ke titik yang dituju. Namun jika dalam perjalanan kamu menemukan lawan dalam jarak agresi, kamu akan menyerang lawan tersebut sampai mati atau kehilangan vision, lalu kembali bergerak ke titik yang ditunjuk tadi.

Kenapa saya repot-repot menjelaskan A-Clicking? Karena ada banyak trik yang bisa kamu lakukan dengan A-Clicking. Selain itu ada juga trik lain yang juga bisa kamu gunakan dengan klik kanan biasa yang akan membantumu menjadi jauh lebih efisien dalam menyerang musuh.

1. Masukkan Perintah Menyerang Hero Lawan untuk Menarik Aggro Creep

tips-dan-trik-dota-2-aggro-dan-serangan-biasa-aggro-pull

Ketika kamu memasukkan perintah menyerang Hero lawan, creep lawan yang ada di dekatmu akan bereaksi dan mulai mengejar dan menyerangmu. Trik ini kadang sengaja dilakukan untuk merusak titik temu creep. Saat kamu berhasil menarik aggro creep, mundur ke belakang sampai creep yang kamu tarik berhenti mengejar dan mulai menyerang creep jarak jauh timmu.

Creep jarak jauh ini akan mati dengan cepat karena memang cukup squishy. Namun di saat yang sama creep jarak jauh juga punya damage yang lebih besar. Nah, ini akan membuat sisa creep yang kamu punya kekurangan damage, dan creep lawan akan menghabisi semua creep timmu lebih cepat. Creep lawan kemudian akan mendorong lane lebih dekat ke tower timmu. Dengan begitu, kamu bisa melakukan farming dengan aman.

Untuk melakukan ini, kamu bisa melakukan klik kanan atau A-Click ke hero lawan saat kamu berdiri cukup dekat dengan creep lawan. Kamu tidak harus benar-benar menyerang hero lawan itu. Selama perintah untuk menyerang hero lawan masuk, creep lawan akan bereaksi dan mulai menyerangmu.

Ini berarti di mana posisi hero lawan tidak penting. Meskipun hero lawan yang ada di lane ada jauh di belakang creep lawan, trik ini tetap bisa dilakukan. Bahkan, kalau kamu tidak menemukan hero lawan di lane, kamu bisa mengeluarkan perintah menyerang ke hero yang berada di lane lain. Creep lawan tetap akan bereaksi.

2. Untuk Melepas Aggro Creep dan Tower, Serang Creep Sendiri Menggunakan A-Click

tips-dan-trik-dota-2-aggro-dan-serangan-biasa-aggro-cancel

Saat sedang melakukan push, kadang tower memilih untuk menyerangmu. Beberapa pemain kemudian berusaha menghindari ini dengan menjauh dari jarak serang tower lalu kembali lagi.

Buat kamu yang belum tahu, ada cara praktis untuk membuat tower berhenti menyerangmu atau mengganti target. Cukup serang unit timmu yang lain yang juga ada dalam jarak serang tower itu, baik itu hero ataupun creep. Unit setim ini tidak harus berada dalam jarak deny. Cukup gunakan A-Click ke creep setim. Tower yang menyerangmu akan segera mencari target baru. Dengan begitu, kamu bisa memasukkan lebih banyak serangan ke tower lawan.

3. A-Click Ke Ujung Lane untuk Membuat Summoned Unit Melakukan Push Tanpa Harus Diawasi

tips-dan-trik-dota-2-aggro-dan-serangan-biasa-creep-aclick

Hero yang menggunakan ilusi seperti Naga Siren atau Terrorblade, serta yang menggunakan summoned unit seperti Invoker dan Lycan sering melakukan push dengan pasukannya. Namun hero utamanya sendiri mungkin berada di tempat lain, atau melakukan push di lane yang berbeda.

Ada cara untuk memudahkan kamu melakukan push dengan ilusi atau summoned unit tanpa harus benar-benar mengawasinya. Cukup A-Click ke ujung lane atau tier 3 tower lawan. Dengan begitu “pasukanmu” akan bergerak ke tower tersebut sambil menyerang semua lawan yang ada, sementara kamu tetap bisa melakukan hal lain dengan hero utamamu.

4. Gunakan Attack-Move atau Bergerak Setelah Menyerang untuk Menghilangkan Back-Swing dan Menyerang Lebih Banyak

Kamu pernah melihat ada pemain yang suka melakukan stutter-step saat menyerang tower? Maksudnya, meskipun tidak ada hero yang mengganggu, si pemain selalu menyerang, bergerak sedikit, menyerang, lalu bergerak lagi sedikit, menyerang, dan seterusnya. Tujuannya adalah agar ia bisa mendaratkan lebih banyak serangan ke tower tersebut.

Kenapa bisa? Tiap unik, baik creep maupun hero punya back-swing animation ketika menyerang. Artinya, setelah mengeluarkan pukulan atau tembakan yang menjadi serangan, sebuah unit perlu waktu untuk bisa melakukan tindakan berikutnya. Nah, ketika kalau kamu bergerak segera setelah mengeluarkan seranganmu, back-swing animation ini akan dibatalkan, dan kamu langsung siap melakukan serangan atau tindakan berikutnya.

Trik ini juga disebut dengan Attack-Moving. Saat kamu sudah punya attack speed yang tinggi, trik ini mungkin tidak begitu penting. Namun jika seranganmu masih lambat, trik ini akan memungkinkanmu mendaratkan lebih banyak serangan ke lawan, termasuk ke lawan yang sedang kabur.

Jadi, kalau kamu nanti harus mengejar hero lawan, cobalah melakukan trik ini ketimbang hanya mengklik kanan lawan sekali saja. Dua sampai tiga serangan tambahan yang kamu daratkan bisa menentukan apakah kamu bisa mendapatkan kill atau tidak.

5. Saat Mengejar Lawan di Pepohonan, A-Click ke Tanah Agar Kamu Bisa Langsung Menyerang Begitu Melihatnya

Mencoba mendaratkan serangan terakhir ke lawan yang memanfaatkan fog of war seperti di pepohonan adalah hal yang sulit. Menemukannya saja sudah repot, tapi begitu ditemukan, sebelum kamu sempat mengeluarkan perintah serang, ia langsung hilang lagi di balik pepohonan, dan kamu harus bergerak mencarinya lagi.

Well, masalah mengejar lawan yang melakukan juking di pepohonan bisa dihilangkan jika menggunakan A-Click. Cukup lakukan A-Click ke tempat yang dituju lawan. Heromu akan bergerak ke sela-sela pepohonan, tapi begitu hero lawan terlihat dan berada di jarak serang, kamu akan langsung menyerang tanpa harus melakukan perintah serang lagi.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan trik ini. Pertama, pastikan kamu melakukan A-Click dengan pathing yang benar, alias memang membuatmu mengarah ke posisi yang diinginkan. Kedua, pastikan di sekitarmu tidak ada lawan lain yang bisa diserang. Karena kalau misalnya kamu menemukan creep di jarak serang ketika bergerak dengan trik ini, kamu akan berhenti untuk menyerang creep tersebut.


Kalau kamu punya beberapa tips lain yang berhubungan dengan aggro dan manipulasi serangan biasa, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar di bawah.

Comments

comments