Dota 2 Rilis Patch Versi 7.02, Kurangi Potensi Snowball dan Kekuatan Helm of Dominator

update-dota2-patch-702-featured

Pagi tadi, Dota 2 mendapatkan update baru untuk versi 7.02. Meskipun tidak termasuk ke dalam golongan patch besar, namun patch ini membuat cukup banyak perubahan, dan beberapa di antaranya cukup signifikan.

Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa perubahan yang kami anggap penting dan akan mengubah meta dalam skala yang lebih luas. Kalau kamu ingin membaca patch ini secara lebih rinci, kamu bisa langsung mengunjungi halaman resmi Dota 2 dalam bahasa Inggris ini.

Potensi Snowball Dikurangi Melalui Perubahan pada Shrine

update-dota2-patch-702-shrine

Dua Shrine lawan yang ada di luar base sekarang baru bisa dihancurkan jika kamu sudah menghancurkan tower tier 3 lawan. Jadi, dua Shrine tersebut punya aturan yang sama dengan Shrine di dalam base.

Perubahan ini secara tidak langsung akan mengurangi sumber Gold tambahan dari objektif. Potensi untuk melakukan snowball setelah menghancurkan semua tower tier 2 lawan dengan cepat otomatis menjadi berkurang, karena menghancurkan tier 3 tower bukanlah hal yang mudah.

Apakah perubahan ini akan membuat tim mulai menjauh dari komposisi yang fokus pada tower-push? Mungkin tidak, tapi minimal tidak membuat tim yang tertinggal benar-benar terkurung di dalam base setelah kehilangan semua tower tier 2.

Masih memiliki Shrine dalam posisi tertinggal akan memberikan tim sebuah celah untuk melakukan serangan kejutan dari belakang, dan yang paling penting, kemampuan untuk merebut atau mengambil Roshan jika memang diperlukan.

Baca juga: Panduan Warding Dota 2: Titik Observer Ward yang Umum (Update patch 7.00)

Helm of The Dominator Mendapatkan Nerf

update-dota2-patch-702-ember-spirit

Sejak mendapatkan perubahan di patch 7.00, Helm of The Dominator menjadi item yang sangat populer. Banyak hero carry yang kemudian menjadikan item ini sebagai salah satu item wajib di early game.

Tidak heran, karena selain memberikan stats yang cukup besar di awal permainan, creep yang dikendalikan juga sangat kuat dan sulit dibunuh karena punya movement speed dan health yang tinggi.

Karena dianggap terlalu kuat, item ini mendapatkan nerf yang cukup signifikan. Pertama, manfaat yang diberikan akhirnya dikurangi, dari yang awalnya memberikan +6 untuk semua atribut, sekarang hanya memberikan +4 saja. Tetapi yang paling penting, kalau kamu membunuh creep dari Helm of The Dominator lawan, kamu akan mendapatkan 125 Gold.

Memang, pada akhirnya creep dari Helm of The Dominator tetap susah dibunuh, dan saya rasa item ini akan tetap populer. Namun paling tidak, pemain yang memiliki Helm of Dominator dituntut untuk lebih hati-hati agar lawan tidak mendapatkan Gold yang cukup besar ketika membunuh creep yang ia kendalikan.

Perubahan Pada Talent Tree

update-dota2-patch-702-talent

Hampir semua hero mendapatkan perubahan pada Talent Tree mereka. Semua Talent yang memberikan XP gain tambahan mendapatkan peningkatan. Tusk di level 10 misalnya, yang awalnya mendapatkan +20% XP gain, sekarang mendapatkan +35% XP gain.

Perubahan ini akan membantu semua hero yang memiliki Talent Tree serupa untuk bisa mengimbangi level progression hero lain, dan mengakses Talent Tree di level beriktunya dengan lebih cepat.

Beberapa hero juga mendapatkan perubahan yang cukup menarik pada Talent Tree yang dimiliki.

Doom misalnya, sekarang punya Talent level 10 yang memberikan bonus 80 Gold lagi saat menggunakan Devour. Lion dan Lina sekarang mendapatkan Talent -25 detik respawn time di level 10. Lalu Nyx Assassin sekarang mendapat Talent +12% magic resistance atau +50 Impale damage di level 15.

Masih banyak lagi perubahan Talent Tree yang diterima oleh berbagai hero di Dota 2. Kamu bisa melihat semuanya di patch log atau langsung mencobanya di dalam game.

Nerf untuk Hero Populer

update-dota2-patch-702-lone-druid

Sejak patch 7.00, ada beberapa hero yang menjadi sangat populer karena sangat kuat, entah itu karena mendapatkan buff atau punya Talent yang sangat bagus. Beberapa hero ini antara lain Lone Druid, Luna, Ember Spirit, dan Dark Seer. Keempatnya, serta beberapa hero lain, mendapatkan nerf yang memang sangat dibutuhkan.

Lone Druid misalnya, mendapatkan nerf di Talent level 10 dan 15. Talent level 10 yang awalnya memberikan +200 attack range sekarang dikurangi menjadi +175 saja. Lalu Talent level 15 yang awalnya memberikan +65 damage juga dikurangi menjadi +55 damage.

Ember Spirit yang sekarang ini lebih fokus pada magic damage juga mendapatkan nerf di Talent level 10. Jika sebelumnya ia mendapatkan +15% magic amplification, sekarang ia hanya mendapatkan +12%.

Namun yang paling penting, sekarang efek Root bisa mencegah Ember Spirit kabur dengan mengaktifkan Fire Remnant. Jadi, Crystal Maiden dengan Frost Bite sudah cukup untuk mengunci hero ini agar tidak bisa kabur.

Baca juga: Mengenal Tipe Damage dan Perbedaannya (Fisik, Magic, dan Pure)

update-dota2-patch-702-dark-seer

Kemudian Luna juga mendapatkan nerf berupa base damage yang dikurangi sejumlah enam dan Lunar Blessing yang memberikan bonus 250/500/750/1.000 night vision (dari yang awalnya permanen 1.000 di semua level).

Meskipun mendapatkan nerf, saya rasa Luna akan tetap populer karena punya kemampuan push dan teamfight yang sangat kuat. Namun saya harap, perubahan ini secara umum akan membuat ketiga hero tersebut lebih bisa ditanggulangi.

Lain cerita dengan Dark Seer. Ya, ia mendapatkan perubahan pada Talent Tree dan pengurangan pada movement speed. Namun yang paling signifikan adalah mana cost untuk Ion Shell yang awalnya 70/90/110/130 menjadi 100/110/120/130, jauh lebih mahal di level satu.

Dengan total mana yang hanya 350 di level satu, Dark Seer sekarang butuh lebih banyak regenerasi mana di awal permainan untuk bisa mendapatkan farm di posisi offlane. Itupun kalau lawan tidak berusaha membatalkan Clarity yang kamu gunakan dan membuat perjuanganmu di lane menjadi lebih berat.


Bagaimana menurutmu? Bagian mana dari patch terbaru ini yang paling signifikan? Bagikan di kolom komentar di bawah.

Comments

comments