Dengan Patch 7.00, Dota 2 Akan Menjadi Lebih Rumit dengan Kemungkinan yang Tidak Ada Habisnya

dota-2-patch-700-perubahan-besar-featured

Valve akhirnya merilis patch terbaru untuk Dota 2, yaitu patch 7.00. Datangnya patch ini mungkin tidak begitu mengejutkan mengingat Dota 2 sudah berada di patch versi 6.88 dalam waktu yang cukup lama. Hanya saja yang tidak disangka adalah, selain memperkenalkan hero baru dan interface baru dalam permainan, ternyata perubahan yang dihadirkan di patch ini sangat game breaking alias mengubah gameplay secara keseluruhan.

Singkatnya, patch ini tidak hanya mengubah skill dan atribut hero ataupun item yang ada di dalam Dota 2. Patch ini sedikit banyak memberikan Dota 2 tingkat kerumitan yang jauh lebih luas dari yang sebelumnya kita tahu. It’s a whole new game, dan kita semua akan mempelajarinya sedikit demi sedikit.

Map Baru, dengan Bentuk yang Berbeda dan “Penghuni” Baru

Perubahan signifikan pertama yang diperkenalkan di patch ini adalah perubahan pada minimap. Namun kalau sebelumnya perubahan yang ada hanya sebatas mengubah posisi Roshan, posisi creep hutan, atau formasi pepohonan di titik tertentu, map baru ini benar-benar berbeda.

Tiga lane seperti biasa masih tetap ada. Hanya saja semua hal yang ada di sekitarnya berbeda. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan.

  • Roshan sekali lagi pindah rumah. Kali ini ia pindah ke tengah-tengah sungai tepat di depan Rune atas.
  • Bentuk hutan dan posisi semua creep hutan juga berubah total.
  • Hutan di masing-masing peta memiliki satu lagi sarang Ancient. Jadi sekarang kamu punya dua sarang Ancient.
  • Area dekat Secret Shop masing-masing tim juga punya dua sarang creep hutan baru.
  • Ada kelompok Ancient Creep baru selain naga, golem, dan kadal.
  • Hutan sekarang hanya muncul di detik ke-30, lalu menit 1//5/7/9, dan seterusnya.
  • Bounty Rune sekarang muncul di empat sisi hutan, atau dua di masing-masing hutan Radiant dan Dire.
  • Powerup Rune hanya akan muncul di salah satu titik Rune di sungai (atas atau bawah) secara acak setiap dua menit, atau pada menit 0/2/4/6/8 dan seteursnya.
  • Masing-masing tim sekarang punya bangunan bernama Shrine yang kalau digunakan akan memberikan regenerasi dalam jumlah besar dan punya cooldown lima menit setelah digunakan.
  • Masing-masing tim punya dua Shrine di luar base, lima di dalam base. Lawan bisa menghancurkan Shrine ini dan mendapatkan Gold, dengan syarat mereka sudah menghancurkan semua tier 2 tower timmu.

Itu baru gambaran besar dari map baru ini. Untuk gambaran lebih jelasnya, kamu bisa melihat video di atas.

Talent Tree, Sebuah Kemungkinan Baru yang Sangat Luas

dota-2-patch-700-perubahan-besar-talent-tree-header

Aspek kedua yang diperkenalkan di patch ini adalah munculnya Talent Tree untuk semua hero. Ketika kamu mencapai level 10,15,20,dan 25, hero yang kamu gunakan bisa memilih salah satu dari dua pilihan Talent yang tersedia. Masing-masing pilihan ini berbeda untuk tiap hero dan level. Jadi, jika berhasil mencapai level 25, semua hero akan memiliki empat Talent yang unik.

Untuk menyesuaikan dengan level pengambilan Talent tersebut, urutan pengambilan skill juga berubah. Kalau dulu kamu bisa mengambil skill ultimate di level enam, 11, dan 16, kali ini kamu baru bisa mengambilnya di level enam, 12, dan 18

Hadirnya Talent Tree yang unik untuk masing-masing hero ini membuka kemungkinan baru yang jauh lebih luas dari sebelumnya. Hero yang dulu terbatas hanya bisa melakukan satu-dua hal atau hanya cocok di situasi tertentu sekarang bisa berguna di situasi lain jika kamu mengambil Talent yang tepat. Beberapa kelemahan yang sering diderita beberapa hero juga akan tertutupi dengan Talent tertentu.

Misalnya, Wraith King yang bisa ditangkal dengan mudah menggunakan efek mana break sekarang tidak perlu khawatir lagi. Begitu mencapai level 25, kamu bisa mengambil Talent yang membuat Reincarnation tidak lagi menggunakan mana alias gratis. Itu berarti ia bisa masuk di lebih banyak komposisi atau mengadapi lebih banyak komposisi lawan.

Contoh lain, Magnus yang sepanjang sepanjang mid game kadang kesulitan mendapatkan Gold karena harus membuat space untuk timnya. Namun kalau kamu mengambil Talent +90 Gold/menit di level 15, kamu tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan Gold dan item sambil menjalankan tugasmu sebagai inisiator.

Semua hero sekarang bisa jadi relevan di lebih banyak situasi. Kompisisi tim juga tidak lagi hanya berpatok pada interaksi skill dari masing-masing hero dalam tim, tapi juga pilihan Talent yang akan diambil sepanjang permainan. Item build juga akan berubah tergantung pada pilihan Talent.

Dengan lebih dari 100 hero yang punya empat pilihan Talent yang masing-masing unik, akan ada sangat banyak komposisi tim baru yang lahir dalam patch ini. Dota 2 yang kamu kenal sekarang jauh lebih rumit dari sebelumnya.

Ditambah dengan Backpack dan Semakin Mudahnya Mendapatkan Level, Permainan Akan Berlangsung Lebih Cepat

dota-2-patch-700-perubahan-besar-minimap

Dengan adanya Shrine, Bounty Rune yang tidak cuma satu, serta jumlah creep hutan yang semakin banyak, setiap pertandingan yang ada di Dota 2 akan berlangsung jauh lebih cepat. Ini juga dipertegas dengan adanya dua perubahan tambahan di game ini.

Pertama, sekarang semua hero punya Backpack, yaitu tiga slot item tambahan melengkapi enam slot item yang ada sekarang. Item yang ada di dalam backpack tidak akan bisa digunakan atau memberikan efek apa-apa. Namun ini tentunya membuat proses membeli atau membuat item jauh lebih efisien.

Kamu akan semakin jarang berebut untuk menggunakan kurir atau menunggu 30 detik agar barang yang kamu kirim dari base sampai ke tanganmu. Down time dalam permainan akan semakin berkurang karena kamu sekarang bisa melakukan banyak hal dengan lebih singkat.

Tidak cuma itu, secara keseluruhan, mendapatkan level juga menjadi lebih mudah. Sekarang total XP yang kamu butuhkan untuk mencapai level 25 jauh lebih kecil. Ini juga semakin dipermudah dengan adanya perubahan pada item Tome of Knowledge yang memberikan semakin banyak XP jika timmu sering menggunakannya.

Dengan berkurangnya down time berkat adanya Shrine di dalam hutan dan Backpack, serta mudahnya mendapatkan level berkat total XP yang lebih kecil, empat Bounty Rune, serta semakin banyaknya jumlah creep hutan, jangan heran kalau satu pertandingan Dota 2 berlangsung dan berakhir dengan cepat.


Patch 7.00 akan bisa dimainkan dari tanggal 12 Desember waktu Amerika serikat, namun di jam yang belum diketahui. Saya sendiri sempat mencoba memainkannya di Test Client, dan setelah beberapa jam mencoba menjelajahi patch baru ini, saya bisa melihat dengan jelas bahwa Dota 2 sudah berevolusi menjadi game yang jauh lebih rumit dari yang sebelumnya kita kenal.

Apakah itu hal yang buruk? Tidak juga. Sebaliknya, menurut saya ini justru sangat menyenangkan karena sekarang kita punya banyak hal yang harus dipelajari di game ini, dan itulah yang membuat Dota 2 seru. Game ini terus berubah, dan kamu tidak akan pernah kehabisan hal yang bisa dipelajari.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu sudah mencoba patch 7.00 ini? Seperti apa kesan pertamamu setelah mencobanya?

Comments

comments