Patch 3.0 VALORANT sudah sukses live dan telah dirilis pada Rabu 23 Juni lalu. Masuknya patch 3.0 juga menandakan dimulainya Episode 3 Act 1. Patch kali ni termasuk perubahan yang cukup signifikan. Hampir semua agent terlibat mulai dari perubahan harga, efek ability, dan senjata. Pemain akan merasakan perubahan akurasi senjata saat berlari agar menghindari terbunuh oleh run and gun yang tidak wajar.
Berikut adalah patchnote 3.0 VALORANT
Perubahan terhadap Agent
Patch 3.0 memberikan efek perubahan terhadap semua Agent di mana sekarang signature ability hanya akan diberikan satu setiap rondenya dan tidak dapat ditumpuk untuk ronde berikutnya. Ability yang didapat dalam bentuk cooldown juga akan berbentuk sementara.
Selain itu pandangan jika terkena flash akan sedikit lebih cepat kembalinya, ini berlaku terhadap semua ability flash.
Astra
Nova Pulse dan Gravity Well Astra mendapat tambahan waktu cooldown dari 12 menjadi 25 detik. Stars akan dalam kondisi tidak aktif jika dipasang saat fase persiapan, dan membutuhkan waktu 1.4 charge sebelum digunakan.
Dia juga bisa melihat Spike saat Astral Form, akan tetapi Spike tidak akan memberikan informasi lebih. Cooldown Recall bertambah menjadi 15 detik. Harga Stars berubah menjadi 150 dari 200.
Breach
Flashpoint Breach sekarang hanya dibatasi sebanyak dua dan kenaikan harga menjadi 250. Kecepatan projektilnya juga dikurangi menjadi 2.000, Fault Line dia mendapat buff yang dikuranginya waktu charge dan efek jarak yang lebih jauh.
Harga After Shock bertambah menjadi 200 dan sekarang meledak sebanyak tiga kali, memberikan 60 damage setiap ledakannya. Lebar dari Rolling Thunder juga bertambah menjadi 2.300.
Jett
Harga Updraft dan Cloudburst naik dan sekarang Bladestorm membutuhkan ultimate points sebanyak tujuh. Kini Tailwind tidak dapat lepas dari Trapwire Cypher.
Omen
Harga Paranoia menurun menjadi 300, akan tetapi sekarang Dark Cover yang sebelumnya dia dapat dua sebelum pertandingan kini hanya satu. Dia harus membelinya dengan harga 100 dan diberikan waktu cooldown selama 40 detik usai menggunakannya. Harga dari Shrouded Step bertambah menjadi 150.
Raze
Raze mendapat sedikit perubahan terhadap modelnya, harga Boombot meningkat menjadi 400. Showstopper kini membutuhkan delapan ultimate points.
Sage
Slow Orb dan Barrier Orb mengalami kenaikan harga dan bertambahnya ultimate points terhadap Resurrection.
Skye
Trailblazer Skye mengalami buff yang harus dibayar dengan naiknya harga menjadi 250. Guiding Light kehilangan satu charge dan kini dapat terisi ulang dengan waktu cooldown 40 detik. Dia tidak perlu melakukan re-equip flash untuk meledakan flash lainnya, harga abilitynya juga bertambah menjadi 250.
Sova
Shock Dart Sova sekarang lebih mahal dan cooldown dari Recon Bolt bertambah lima detik. Harga dari Owl Drone juga bertambah 400 dan ultimate points Hunter Fury menjadi delapan.
Viper
Durasi Snakebite berkurang menjadi 2,5 detik akan tetapi sisi luar genangan Snakebite Viper terbentuk lebih cepat agar menjadi lebih mematikan bagi musuh yang berada di genangan selama durasi Snakebite. Harga dari ability ini bertambah 100.
Yoru
Blindside Yoru mengalami kenaikan harga sebanyak 50 dan cooldown Gatecrash bertambah sebanyak lima detik.
Agent lainnya
Agent yang tidak tersebut hanya mengalami sedikit perubahan. Incendiary Brimstone menjadi 250, Neural Theft Cypher membutuhkan enam ultimate points. Alarmbot dan Turret Killjoy memiliki cooldown selama 20 detik. Curveball Phoenix dan Leer Reyna kini mengalami kenaikan harga menjadi 250.
Perubahan Senjata
Semua senjata VALORANT mengalami perubahan terhadap bullet tagging dari 75 menjadi 72,5, efek ini mengurangi kecepatan gerak saat tertembak. Zona mati senjata disesuaikan dari 30% menjadi 27.5% dan sekarang pemain akan sedikit tidak akurat saat menembak sambil berjalan.
Shorty, Bucky, Stinger, Marshal, dan Operator kini lebih murah, membuat pemain dapat lebih sering membelinya.
Kalian bisa melihat daftar lebih detil dan lengkap di Official Patch Notes 3.0, termasuk beberapa bug dan glitch yang sudah diperbaiki.