Kunci memenangkan sebuah lobi atau pertandingan Auto Chess adalah dengan memiliki line-up yang lebih kuat dari pemain lain. Ini bisa dicapai dengan meng-upgrade_ unit yang kamu miliki plus memastikan unit kamu punya sinergi satu sama lain. Pertanyaannya tentu saja sinergi apa yang cukup kuat untuk memenangkan pertandingan?
Dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa kombinasi sinergi yang bisa kamu coba untuk memenangkan satu pertandingan Auto Chess.
Knight
Knight adalah class yang dikenal sulit dibunuh berkat efek shield mereka. Tidak cuma itu, beberapa dari Knight juga bisa menghasilkan damage yang tidak bisa dianggap remeh. Bisa mendapatkan enam Knight adalah kondisi paling ideal, tapi hanya membawa empat pun tidak masalah. Tergantung unit apa yang didapatkan, kamu bisa memadukan Knight dengan sinergi yang lain.
Salah satu sinergi yang cukup oke adalah Dragon dengan Dragon Knight sebagai sumber damage utamanya. Dengan sinergi Dragon yang aktif, kamu jadi punya fire power yang signifikan melalui Dragon Knight ini.
Alternatif lain untuk tandem Knight adalah sekali lagi Glacier . Selain sama-sama mudah didapat berkat hadirnya Frost Knight, sinergi empat Glacier juga akan sangat efektif jika kamu punya Knight dengan damage output tinggi seperti Lightblade Knight atau Hell Knight.
Jika kamu hanya menggunakan empat Knight, kamu tidak perlu terlalu banyak unit untuk mengaktifkan paduan sinergi dengan Glacier maupun Dragon. Artinya sisa slot yang lain bisa kamu isi untuk unit lain tergantung situasi permainan.
Divinity
Divinity punya efek yang sangat kuat, yaitu memberikan cooldown reduction ke semua unit kamu di atas board. Namun syarat aktivasinya cukup sulit, yaitu kamu tidak boleh punya sinergi spesies sama sekali. Syarat ini akan mengharuskan kamu bermain dengan unit yang cukup spesifik dan dengan timing yang tepat.
Untuk memanfaatkan efek cooldown reduction ini, kamu tentu sebaiknya menggunakan unit dengan spell yang kuat. Jika kita membahas unit dengan spell kuat, kita tentu harus membahas Mage. Thunder Spirit, The Source, dan Shining Dragon adalah trio Mage yang selalu mengisi formasi Divinity . Shining Dragon sendiri bisa kamu ganti dengan God of Thunder di late game.
Melengkapi God dan Mage ini, kamu bisa mengisi board dengan unit yang memiliki spell kuat. Soul Reaper, Storm Shaman, Siren/Tsunami Stalker, dan Ripper adalah beberapa unit andalan untuk formasi Divinity. Tentu saja kamu bisa menggunakan unit lain selama tidak membatalkan efek God. Namun dibandingkan unit yang saya sebutkan, alternatif tersebut kurang efektif dalam memanfaatkan cooldown reduction dari Divinity.
Seberapa kuat formasi Divinity sangat bergantung pada seberapa mulus proses kamu mendapatkan unit kuat yang dibutuhkan. Artinya formasi ini cukup sensitif dengan timing dan tidak bisa kamu paksakan. Karena itu selalu siapkan rencana alternatif jika kamu merasa tidak bisa mendapatkan formasi yang ideal tepat waktu.
Mage
Mage adalah formasi unit yang mampu menghasilkan burst damage yang sangat besar. Ini karena unit Mage sendiri rata-rata memiliki spell yang menghasilkan burst magic damage. Kemudian sinergi Mage sendiri menurunkan magic resistance unit lawan, membuat burst damage tersebut makin besar.
Satu-satunya kelemahan Mage adalah mereka sama sekali tidak tanky alias mudah dibunuh. Karena itu kamu perlu unit garis depan sebagai pelindung. Untungnya beberapa unit pendamping Mage juga cukup kuat dan secara alami memberikan sinergi tambahan. Pirate Captain, Stone Spirit, dan Tsunami Stalker adalah beberapa opsi garis depan yang ideal. Masing-masing juga mengisi timing dan fungsi yang berbeda.
Jika kamu masih punya sisa slot unit, kamu bisa mengisinya dengan unit yang memiliki disable atau magic damage yang kuat. Storm Shaman, Shadow Devil, atau bahkan Siren adalah beberapa unit yang sering jadi langganan di formasi Mage.
Entah kamu menggunakan formasi tiga atau enam Mage tergantung pada situasi. Tapi satu hal yang penting, Mage bukanlah formasi yang bisa efektif begitu saja. Kamu harus memperhatikan unit Mage apa yang kamu miliki dan unit apa yang sebaiknya mendampingi masukan Mage ini, dan kapan memasukkannya. Jika tidak, kamu hanya akan memiliki unit spellcaster yang gampang dibunuh.
Goblin
Goblin dikenal sebagai unit yang membantumu menang sepanjang early game, tapi kemudian dibuang/dijual untuk digantikan dengan unit lain. Tapi bukan berarti Goblin sama sekali tidak punya potensi di late game.
Jika kamu bisa mendapatkan enam Goblin, sinerginya akan membuat semua unit kamu di atas board jadi sangat sulit dibunuh. Dari situ kamu tinggal mencari unit atau sinergi yang bisa membuat formasi ini menghasilkan damage tambahan.
Tiga Mage adalah salah satu opsi damage dealer yang cukup efektif di formasi Goblin. Dengan pasukan Goblin yang alot di garis depan, Mage yang berada di garis depan bebas menghasilkan damage. Dragon juga punya ide yang kurang lebih sama, tapi dengan Dragon Knight sebagai sumber damage utamanya.
Meskipun begitu, membuat formasi enam Goblin bisa berjalan dengan efektif tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang harus kamu perhatikan.
Assassin
Assassin adalah formasi yang mampu menghabisi unit penting lawan dengan cepat. Unit dengan Class Assassin selalu melompat ke garis belakang lawan, posisi yang biasa diisi oleh damage dealer seperti unit Mage atau Hunter.
Formasi ini punya cukup banyak keuntungan terutama dalam hal menghasilkan damage, terutama jika kamu menggunakan enam Assassin. Tapi agar efektif, para Assassin ini perlu unit garis depan untuk menarik perhatian. Untungnya kamu punya beberapa opsi.
Salah satu opsi garis depan yang ideal adalah dua unit Druid yaitu Razorclaw dan Warpwood Sage. Keduanya dikenal sangat tanky dan yang tidak kalah penting bisa kamu upgrade dengan mudah. Tidak cuma itu, keduanya punya ras yang bersinergi dengan unit Assassin yang lain. Warpwood Sage bisa mengaktifkan sinergi Feathered dengan Shadowcrawler dan Shining Assassin, sedangkan Razorclaw bisa mengaktifkan sinergi Beast dengan Lord of Sand.
Hunter
Mirip dengan Assassin, Hunter adalah formasi dengan damage fisik yang sangat tinggi. Tapi bedanya, beberapa unit Hunter biasanya punya spell yang memberikan crowd control. Kelemahannya, mereka adalah unit garis belakang yang cukup mudah mati. Artinya ketika menghadapi formasi Assassin, Hunter biasanya tidak bisa berbuat banyak.
Karena sudah bisa menghasilkan damage yang tinggi, formasi Hunter biasanya memerlukan unit garis depan yang alot. Elf adalah salah satu opsi tandem yang paling mudah karena dua Hunter (Shining Archer dan Windranger), adalah Elf/Hunter. Ditambah dengan Warpwood Sage saja, kamu sudah punya garis depan yang alot dan memiliki evasion serta garis belakang yang punya damage tinggi.
Alternatif lain yang juga tidak kalah mudah adalah dengan menggunakan Warrior. Redaxe Chief dan/atau Swordman adalah opsi yang ideal karena bisa memberikan sinergi Cave Clan jika kamu menggunakan Skull Hunter.
Sama seperti Assassin, sinergi enam Hunter adalah kondisi ideal yang ingin kamu peroleh. Untungnya saat ini ada tujuh Hunter yang tersedia di pool, dan masing-masing tersebar di gold yang berbeda sehingga kamu tidak akan keteteran mengelola bench. Tapi sebagai gantinya formasi ini biasanya cukup lemah di sepanjang mid game.
Formasi dan kombinasi di atas tentu saja kondisi akhir dan ideal yang ingin kamu capai dalam sebuah pertandingan. Namun yang menentukan kemenangan dalam Auto Chess adalah proses menyusun line-up dari unit yang kamu dapatkan.