Panduan CSGO: Ekonomi dalam Setiap Ronde

Ekonomi selalu menjadi bagian dari DNA Counter-Strike. Mulai dari zaman 1.6 hingga Counter-Strike: Global Offensive, Valve selalu menerapkan sistem ekonomi yang bisa menentukan kalah menangnya sebuah tim.

Sayangnya, sampai detik ini banyak sekali pemain pemula yang kurang menyadari sistem ekonomi ini sehingga akhirnya kami membuat artikel panduan ini. Sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus mengingat beberapa angka penting ini, yang pertama adalah $650, $1000, $3100, $2700 dan yang terakhir adalah $47500.

Kamu bakal memulai permainan dengan $800. Setiap senjata memiliki reward kill masing-masing. Biasanya semakin lemah sebuah senjata, reward yang diberikan untuk tiap kill bakal semakin tinggi. Inilah sebabnya banyak pemain yang membeli SMG di ronde kedua. SMG adalah senjata yang murah, cukup kuat untuk menghadapi pemain yang melakukan eco (economy), dan yang paling penting, setiap kill yang dihasilkan memiliki reward yang lumayan.

Bila kamu bermain sebagai Counter-Terrorist (CT), maka perjalanan ekonomi kamu bakal sedikit lebih pasti. Ketika kamu kalah di ronde pertama, kamu bisa melakukan eco di ronde berikutnya, dengan pertimbangan ekonomi Terrorist (T) juga masih sangat lemah. Bila kamu tetap kalah di ronde kedua, segera lakukan eco lagi agar kamu bisa mulai berbelanja di ronde keempat.

Saat bermain sebagai T, kamu harus banyak berpikir matematis. Pasalnya senjata di pihak T memang luar biasa mematikan, tetapi tidak murah. Untuk itu bila kamu kalah di ronde pertama tetapi kamu berhasil menanam bom, kamu bisa melakukan eco di ronde kedua dan beberlanja penuh di ronde ketiga. Hal ini bisa dilakukan T, karena menanam bom memberikan $300 ke diri kalian plus $800 ke tim.

Masih ingat dengan angka-angka yang ada di atas? Angka tersebut merupakan jumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli Kevlar, Kevlar+Helmet, M4A4, AK-47, dan AWP. Hafal angka-angka tersebut agar kamu mengetahui apa saja yang bisa kamu beli ketika uang kamu mencapai jumlah tersebut.

Terrorist merupakan tim yang unik. Bila kalian kehabisan waktu tanpa menanam bom, maka kamu tidak akan mendapatkan apa-apa. Untuk itu upaya save (menyimpan senjata untuk ronde berikutnya) cenderung berisiko untuk pihak T. Kalau kamu sampai terbunuh ketika melakukan save, bisa saja kamu muncul di ronde berikutnya tanpa bisa membeli senjata atau armor.

Daftar lengkap reward di Counter-Strike: Global Offensive bisa kamu lihat di bawah ini.

CS:GO Economy

Objective Team Reward Player Reward
Kill all enemies 3250  
Timer runs out (CT) 3250  
Defuse bomb 3500 300
Bomb explodes 3500  
Bomb plant   300
Lose 1st round 1400  
Lose 2 in a row 1900  
Lose 3 in a row 2400  
Lose 4 in a row 2900  
Lose 5 in a row 3400  
Lose, but get bomb plant (T) 800  

Weapon Kill Rewards

Weapon Kill Reward
Pistols  
Glock-18 $300
P2000 $300
USP-S $300
Dual Berettas $300
P250 $300
Tec-9 $300
Five-SeveN $300
CZ75-Auto $100
Desert Eagle $300
Heavy  
Nova $900
XM1014 $900
Sawed-Off $900
MAG-7 $900
M249 $300
Negev $300
SMGs  
MAC-10 $600
MP9 $600
MP7 $600
UMP-45 $600
P90 $300
PP-Bizon $600
Rifles  
Galil AR $300
FAMAS $300
AK47 $300
M4A4 $300
M4A1-S $300
SSG 08 $300
SG 553 $300
AUG $300
AWP $100
G3SG1 $300
SCAR-20 $300
Gear  
Zeus x27 $300
Grenades  
Molotov $300
Incendiary Grenade $300
Decoy Grenade $300
Flashbang $300
High Explosive Grenade $300
Smoke Grenade $300
Other  
Knife $1500

Sumber gambar: DBH-Spade

Advertisements

2 Comments on “Panduan CSGO: Ekonomi dalam Setiap Ronde

  1. Pingback: Panduan Overwatch: Mengenal Ekonomi Dalam Game | Metaco

  2. Pingback: Panduan Overwatch: Mengenal Ekonomi Dalam Game - UP Station

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: